Kabel PLN Terlalu Rendah, Tujuh Warga Jepara Tersengat

    Rhobi Shani - 12 Mei 2016 16:04 WIB
    Kabel PLN Terlalu Rendah, Tujuh Warga Jepara Tersengat
    Kabel listrik yang menjuntai di atas pemukiman warga Desa Mulyoharjo Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)
    medcom.id, Jepara: Warga Jepara, Jawa Tengah, mengeluhkan kondisi kabel transmisi milik PT PLN yang melintang terlalu rendah. Bahkan, kabel listrik dapat dijangkau orang dewasa tanpa pijakan.

    Kondisi itu terjadi di lingkungan RT 5 RW 4 Desa Mulyoharjo Kecamatan Jepara Kota. Akibatnya, tujuh warga tersengat listrik saat hendak memasang tenda untuk acara pernikahan.

    Satu di antaranya, Siswanto, 30, yang mengalami luka bakar 50 persen. Ditemui di rumahnya, sembari terbaring sakit Siswanto menceritakan, kabel listrik yang terjuntai rendah sudah lama dikeluhkan warga. Bahkan sudah beberapa kali dilaporkan ke pihak PLN. Namun belum mendapatkan tanggapan.
     
    “Selain kabel telanjang yang terlalu rendah, kabel listrik yang tak telanjang bahkan lebih rendah lagi. Saking rendahnya, bisa digapai orang tanpa penyangga apapun,” kata Siswanto, Kamis (12/5/2016).
     
    Siswanto menyampaikan, kabel kawat telanjang (open wire cable) terjuntai nyaris menyentuh atap rumah warga. Tiang listrik dinilai kurang tinggi. Sehingga kabel butuh ditinggikan atau paling tidak dikencangkan kembali.
     
    “Padahal rumah-rumah warga sudah ada lebih dulu dibanding jaringan kabel listrik. Kabel-kabel itu harus ditata lagi biar warga tidak khawatir,” tutur Siswanto.
     
    Terpisah, Manajer PT PLN (Persero) Rayon Jepara, Sunoto, menyatakan, sudah menerima laporan terkait hal tersebut. Rencananya, kabel akan ditinggikan. Namun, kepastian kapan kabel tersebut akan ditata, menunggu hasil survei lapangan.
     
    “Kami sudah menerima laporan itu, dan akan kami tinggikan,” kata Sunoto.
     
    Disinggung mengenai bantuan untuk korban, Sunoto menyampaikan, instansinya tak memiliki anggaran khusus untuk itu. Jika pihaknya hendak memberikan bantuan, itupun iuran dari karyawan PLN.



    (SAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id