comscore

Ganjar Luncurkan Bus TransJateng

Mustholih - 07 Juli 2017 17:49 WIB
Ganjar Luncurkan Bus TransJateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat peluncuran 18 bus TransJateng di Terminal Bawen, Semarang -- MTVN/Mustholih
medcom.id, Semarang: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkankan bus rapid transit (BRT) TransJateng koridor Semarang Tawang-Terminal Bawen. Ia memberi subsidi Rp14 ribu untuk setiap penumpang demi memberikan tarif murah.

"BRT ini bagian dari pemenuhan janji saya. Kemarin buruh minta transportasi murah, sekarang ayo manfaatkan BRT," kata Ganjar saat peluncuran BRT TransJateng di Terminal Bawen, Semarang, Jumat 7 Juli 2017.
Tarif bus TransJateng dibanderol Rp1 ribu bagi pelajar dan Rp3.500 bagi penumpang umum. Ganjar menuturkan, tarif TransJateng menjadi murah karena disubsidi Rp5,6 miliar dari Pemprov Jateng selama enam bulan ke depan.

"Total subsidi yang diberikan Rp5,6 miliar," ujar Ganjar.

Hari ini, ada 18 unit bus TransJateng diluncurkan untuk koridor Semarang Tawang-Terminal Bawen. Ganjar menegaskan, keseluruhan bus yang bakal disediakan mencapai 25 unit.

Menurut Ganjar, bus TransJateng bakal terkoneksi dengan TransSemarang yang jauh-jauh hari sudah beroperasi. "Ini nanti terkoneksi dengan TransSemarang. Jadi, transportasi masyarakat jadi gampang," terangnya.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah Satriyo Hidayat mengungkapkan, program TransJateng sebenarnya sudah diwacanakan sejak 2014. "Rekomendasinya adalah pengadaan bus dilakukan oleh BLUD dan pemerintah menyediakan fasilitasnya seperti shelter," jelasnya.

Armada TransJateng diperkirakan bakal menempuh waktu 90 menit dari Semarang Tawang ke Terminal Bawen per perjalanan. Jarak antara ke dua daerah tersebut mencapai 36,5 kilometer dan mulai dari pukul 05.00 sampai 21.00 WIB.

(NIN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id