Sutedjo Ditunjuk jadi Bupati Kulon Progo

    Ahmad Mustaqim - 08 Juli 2019 20:03 WIB
    Sutedjo Ditunjuk jadi Bupati Kulon Progo
    Sidang paripurna pengunduran Hasto Wardoyo dari jabatan Bupati Kulon Progo. Medcom.id-Ahmad Mustaqim
    Kulon Progo: akil Bupati Kulon Progo, Sutedjo menggantikan posisi Hasto Wardoyo sebagai bupati. Kepastian itu usai rapat sidang paripurna di DPRD Kulon Progo, Senin, 8 Juli 2019. Adapun Hasto telah dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sejal 1 Juli 2019. 

    Ketua DPRD Kulon Progo, Akhid Nuryati membacakan pengumuman pergantian posisi kepala daerah itu dalam sidang paripurna. Dalam pemaparannya, ia mengatakan jalannya pemerintahan berjalan dengan baik selama Hasto menjabat. 

    "Selama ini bupati dan wakil bupati bisa menjaga koordinasi dan silaturahmi dengan wakil rakyat tanpa persoalan berarti," kata Akhid di DPRD Kulon Progo. 

    Baca: Wabup Kulon Progo Jabat Plt Bupati

    Akhid menjelaskan, hasil sidang itu akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai pengesahan. Setelah surat keputusan turun, DPRD segera menggelar rapar paripurna Pengusulan Pengangkatan dan Pengesahan Wakil Bupati menjadi Bupati.

    Selain menunggu hal itu, pihak juga mulai menyiapkan pengisian jabatan wakil bupati. Pengisian jabatan wakil bupati Kulon Progo ini akan menunggu partai pengusung Hasto menyodorkan nama ke dewan. 

    "(Penggantian jabatan wakil bupati) sifatnya PAW (pergantian antarwaktu). Proses pengajuan nama sesuai dengan aturan Undang-undang Pilkada," kata dia. 

    Sebagai salah satu wakil rakyat, ia menyatakan harus legowo dengan kepergian Hasto meski masa jabatan seharusnya selesai pada 2022. Ia berharap Hasto bisa lebih berprestadi ai kancah nasional. 

    Sejak menjadi wakil Hasto pada 2011, Sutedjo mengatakan Hasto tetap diharapkan bisa membantu dalam melanjutkan pembangunan. Meskipun, kontribusi Hasto tak berwujud pengambilan kebijakan. 

    Saat ini, banyak proyek pembangunan infrastruktur di Kulon Progo, salah satunya proyek bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang ditarget rampung akhir tahun ini. Adapun pemerintah harus menyiapkan infrastruktur penopang, seperti kereta api, hingga akses infrastruktur jalan lain. 

    "Meskipun beliau tugas di Jakarta, (Hasto Wardoyo) tetap warga Kulon Progo. Artinya, beliau tidak akan mengurangi andil untuk bersama-sama memikirkan Kulon Progo melalui kewenangannya," kata dia.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id