comscore

Hari Bumi, Pemkot Solo Bentuk Tim Gugus Tugas Penghematan Energi

Pythag Kurniati - 22 April 2016 17:42 WIB
Hari Bumi, Pemkot Solo Bentuk Tim Gugus Tugas Penghematan Energi
Imbauan hemat energi di Kota Solo, Jawa Tengah (Foto: MTVN/Pythag Kurniati)
medcom.id, Solo: Memperingati Hari Bumi, Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, membentuk tim khusus penghematan energi, pada Jumat 22 April. Tim bernama Gugus Tugas Penghematan Energi.

Tim Gugus Tugas Penghematan Energi berasal dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Tim itu bertugas untuk mengawasi penggunaan fasilitas yang berhubungan dengan penghematan energi. Tim akan memantau penggunaan air, listrik hingga penggunaan pendingin ruangan (AC), telepon, dan komputer.
Selain mengingatkan rekan kerja, anggota tim juga bertugas mengecek seluruh fasilitas kantor sudah dimatikan saat jam kerja berakhir.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Solo Widdi Srihanto mengatakan, pembentukan tim khusus ini penting guna menggugah kesadaran Aparatur Sipil Negara (ASN) menghemat energi.

"Karena ini merupakan lingkungan kerja sehari-hari. Tidak hanya sekadar gerakan memperingati Hari Bumi, tapi ini harus ada evaluasinya," kata Widdi Srihanto di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/4/2016).

Sementara itu, Bagian Umum Pemerintah Kota Solo Heru Sunardi mengklaim, tagihan air dan listrik di Kantor Pemerintah Kota Solo turun meski belum signifikan.

"Januari 2016, ada sekitar 264 ribu kWh listrik yang digunakan dalam satu bulan. Kemudian Februari turun menjadi 147 ribu kWh dan Maret 122 ribu kWh," kata dia.

Sedangkan untuk tagihan air untuk Januari 2016 mencapai 2.130 meter kubik. Jumlah itu mengalami penurunan menjadi 2.121 meter kubik pada Februari dan 2.056 meter kubik pada Maret 2016.

Selain membentuk tim khusus, Pemkot Solo juga memasang spanduk dan sticker mengenai imbauan menghemat energi. BLH Kota Solo menargetkan 50 persen energi dapat dihemat tahun ini.

(TTD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id