Awal 2017, Angka Kematian Ibu di Jateng Capai 79 Kasus

    09 Maret 2017 11:26 WIB
    Awal 2017, Angka Kematian Ibu di Jateng Capai 79 Kasus
    Foto ilustrasi. (Ant/Septianda Perdana)



    medcom.id, Grobogan: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai penurunan angka kematian ibu (AKI) hamil dan menyusui di sejumlah daerah belum signifikan.

    "Secara makro mengalami penurunan, namun penurunan AKI di Jateng masih sangat sedikit," katanya di sela kunjungan kerja di Kabupaten Grobogan, seperti dilansir Antara, Kamis, 9 Maret 2017.






    Ganjar menyebutkan selama dua bulan pertama pada 2017 ini sudah tercatat 79 kasus AKI di Jateng. Rinciannya, terbanyak ada di Kabupaten Kudus dengan tujuh kasus, Kabupaten Grobogan dan Kota Semarang masing-masing enam kasus. Serta Kabupaten Rembang, Pemalang, dan Brebes berada diperingkat ketiga dengan jumlah lima kasus. Sisanya, tersebar di beberapa wilayah Jateng.

    "Saya minta tolong kepala Dinas Kesehatan Kudus berkoordinasi dengan kepala dinas provinsi, harus. Tidak boleh tidak," ujarnya.

    Menurut Ganjar, untuk menekan AKI, perilaku hidup bersih masyarakat harus terus didorong dan lebih digiatkan. Selain itu, kewaspadaan, kepedulian, dan respons bupati dan wali kota harus dimunculkan dan ditingkatkan, serta terus meningkatkan komunikasi
    dengan pemerintah provinsi dan pusat.

    "Salah satu cara yang paling tepat untuk mengurangi jumlah AKI di Jateng adalah dengan mengintensifkan program 'Nginceng Wong Meteng' dan mengoptimalkan peran serta masyarakat, khususnya PKK dan para mahasiswa, program tersebut akan berjalan lebih efisien," katanya.

    Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan penurunan AKI di Jateng melampaui target yang ditentukan. "Pada akhir 2016, AKI di Jateng tercatat 109,65 per 100.000 kelahiran hidup atau melampaui target 117 per 100.000 kelahiran hidup," ujarnya.

    (SAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id