Cegah Peredaran Narkoba, Polres Kendal Razia Lokalisasi

    Iswahyudi - 29 Agustus 2016 00:56 WIB
    Cegah Peredaran Narkoba, Polres Kendal Razia Lokalisasi
    Petugas Polres Kendal tengah memeriksa para pemandu karaoke dan pengunjung lokalisasi Gambalingu, Desa Sumberejo-Kecamatan Kaliwungu. (MTVN/Ishwahyudi)
    medcom.id.Kendal: Jajaran Polres Kendal menggelar razia narkoba dan kejahatan 3C (curanmor,curas dan curat) dengan melibatkan semua satuan. Diantaranya Sat Narkoba, Lantas, Shabara, Reskrim, Intel, Dalmas, Minggu (28/8/2016)malam.

    Razia dilakukan di dua tempat berbeda. Untuk razia narkoba dilakukan di lokalisasi Gambilangu, Desa Sumberejo Kecamatan Kaliwungu. Sedangkan razia kejahatan 3C dilakukan di Jalan Arteri Soekarno-Hatta depan Polres setempat.

    Razia narkoba yang dilakukan di lokalisasi perbatasan Kendal-Semarang itu dilakukan dengan memeriksa seluruh tempat-tempat hiburan malam, terutama tempat karaoke. Polisi memeriksa seluruh pengunjung serta para perempuan pemandu karaoke (PK).

    Pemeriksaan dilakukan dengan memeriksa badan dan barang bawaan. Polisi berkeliling dari satu tempat ke tempat karaoke lainnya sembari memeriksa satu persatu pengunjung dan para PK yang tengah menemani para pengunjung berkaraoke.

    Wakapolres Kendal, Kompol Dili Yanto, mengatakan razia narkoba dilakukan untuk mengantisipasi maraknya peredaran narkoba. Terutama di lokasi hiburan malam yang identik dengan alkohol. Sehingga dicurigai sebagai tempat peredaran narkoba.  

    "Operasi ini sebagai bentuk pencegahan peredaran narkoba yang selama ini marak di tempat-tempat hiburan malam.  Kami tidak memeriksa urin, hanya memeriksa badan dan barang bawaan saja," kata Diliyanto.

    Sedangkan operasi kendaraan terhadap kejahatan 3C dilakukan dengan memeriksa seluruh  kendaraan yang melintas di Jalan Arteri Soekarno-Hatta. Baik mobil pribadi, bus, angkutan, Taxi dan sepeda motor.

    Pemerikasaan tidak hanya kelengkapan surat kendaraan, tapi barang-barang dalam mobil juga diperiksa. Agar arus lalulintas tetap lancar, kendaraan yang diperiksa diarahkan masuk ke halaman Polres, kecuali truk besar diperiksa di tepi jalan.

    "Untuk operasi kendaraan dilakukan didepan Polres. Operasi bertujuan untuk mengantisipasi tindak kejahatan agar masyarakat merasa aman, aman dan tenteram. Pasalnya, jika operasi terus dilakukan, maka orang-orang yang akan berbuat jahat, tentu akan berpikir dua kali, sehingga mengurungkan niat jahatnya," jelas Wakapolres.

    Dari hasil razia, banyak kendaraan yang tidak dilengkapi dokumen seperti SIM dan STNK. Pengedara motor roda dua yang tak memakai helm pun jadi sasaran. 

    "Petugas tidak menemukan pengendara yang membawa narkoba atau barang-barang terlarang lainnya,” unkapnya.

    Salah seorang pemandu Karaoke, berinisial ML mengaku jika dirinya tidak keberatan dengan pemeriksaan yang dilakukan polisi. 

    "Tidak masalah, karena kami juga tidak pernah mengkonsumsi narkoba selama jadi pemandu karaoke. Kalau para tamu,kami tidak tahu," kata ML. 




    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id