Taman Kota Kendal Habiskan Rp4,6 Miliar

    Iswahyudi - 04 Desember 2016 15:46 WIB
    Taman Kota Kendal Habiskan Rp4,6 Miliar
    Suasana pembangunan Hutan Klorofil di Kabupaten Kendal, Jateng, Minggu (4/12/2016). (Metrotvnews.com/Iswahyudi)
    medcom.id, Kendal: Pembangunan taman kota di Jalan Stadion, Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Kota Kendal, Jawa Tengah sudah mencapai 85 persen. Ruang terbuka hijau yang kelak diberi nama Hutan Klorofil itu ditaget rampung akhir bulan ini.
     
    Kasi Pertamanan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kendal, Wahjuono Irwanto mengatakan, RTH dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektare. Lokasinya berdekatan dengan sekolah, permukiman dan stadion olahraga.

    Fungsinya sebagai paru-paru kota dan resapan sekaligus tempat rekreasi dan penelitian bagi pelajar atau mahasiswa. Dia menambahkan, meski dikonsep sebagai taman, bentuk utamanya seperti hutan dengan berbagai pohon.

    ''Ragam pohon yang akan ditanam di sana antara lain trembesi, ketapang, flamboyan, kamboja, karet, cemara, bambu kuning, pisang kipas, dan tanaman langka. Jenis tanaman akan dibantu oleh dinas terkait," kata Wahjuono, Minggu (4/12/2016). 

    Ditambahkan, biaya pembangunan Rp4,6 miliar berasal dari bantuan pemerintah pusat. Pihaknya berjanji bakal mengawasi agar hutan kota tidak disalahgunakan. ''Kami akan menempatkan petugas untuk mengawasi pengunjung,'' katanya.

    Hutan Klrofil dikerjakan oleh CV Ar Rozaq. Mandor lapangan, Tirto Subeno, mengatakan, pembangunan fisik sudah mencapai sekitar 85 persen.

    Pekerjaan yang dilakukan sebatas pembangunan fisik, seperti pagar keliling, gazebo, gapura, dan permainan anak-anak. Pembangunan hutan tersebut tinggal menyisakan lantai, peneduh untuk parkir kendaraan, dan penyelesaian tempat duduk. ''Kami ditarget perbaikan selesai 13 Desember 2016,'' kata Tirto.

    (SAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id