Komplotan Spesialis Pembobol Toko Modern Ditangkap

    Ahmad Mustaqim - 02 Juli 2019 17:19 WIB
    Komplotan Spesialis Pembobol Toko Modern Ditangkap
    Jajaran Satreskrim Polres Sleman menunjukkan barang bukti dari komplotan pembobol toko modern. Medcom.id-Ahmad Mustaqim
    Sleman: Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sleman menangkap komplotan pembobol toko modern di sejumlah kota. Mereka yang dibekuk di antaranya berinisial AS, 43, warga Tangerang; HS, 31, warga Bekasi; dan NK, 38, warga Banten. 

    Ketiganya ditangkap di Lembang, Bandung pada 19 Juni 2019. Sementara, polisi masih memburu salah satu anggota komplotan itu. 

    Anggota Satreskrim Polres Sleman, Iptu Bowo Susilo mengatakan komplotan tersebut dalam sebulan membobol 18 toko modern. "Tokonya ada di Jawa Barat, Jawa Tengah. Mereka komplotan spesialis," kata dia di Mapolres Sleman pada Selasa, 2 Juli 2019. 

    Dari hasil pemeriksaan, komplotan ini menjalankan aksinya pada 25 April lalu. Berangkat dengan mobil sewaan dari Bekasi, mereka membobol sejumlah toko modern yang sebenarnya sudah ditutup. Kerugian di setiap toko bisa mencapai puluhan juta rupiah. 

    "Sekali perjalanan ada lima toko (modern) dibobol. Ada di Purworejo ini dua toko, lalu di Sleman, Gunungkidul, dan Klaten," kata dia. 

    Ia mengatakan, komplotan tersebut membagi peran dalam menjalankan aksi jahatnya. Mulai dari eksekutor, pengemudi, hingga pengawas. 

    Bahkan, ia melanjutkan, mereka mematikan kamera pengawas yang ada di setiap toko. "Mereka sekali beraksi butuh waktu 20 menit," kata dia. 

    Bowo menuturkan, komplotan ini khusus mencuri barang dagangan yang dijual ke penadah. Hasil penjualan yang mereka dapatkan bisa mencapai Rp20 juta per orang. "Kami masih buru tersangka lain," ujarnya. 

    Polisi menyita barang bukti seperti karung, linggis, dan gunting besi dari para pelaku. Polisi menjerat mereka dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman sembulan tahun pidana.

    Salah satu tersangka, HS mengatakan melakukan perbuatan itu untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Seluruh hasil pembobolan toko modern dijual di penadah di Bekasi. "Kami sudah kerja sama dengan penadah," akunya. 




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id