Angka Kematian Ibu di Pemalang Meningkat Tajam

    Kuntoro Tayubi - 04 Mei 2016 10:46 WIB
    Angka Kematian Ibu di Pemalang Meningkat Tajam
    Foto ilustrasi: Seorang dukun bayi memperagakan cara menangani proses melahirkan. (Ant/Ampelsa)



    medcom.id, Pemalang: Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, naik tajam di trimester pertama 2016. Dengan jumlah 17 kasus, diprediksi AKI di Pemalang mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2015.
     
    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Erna Nuraini, mengatakan, hingga awal Mei 2016, ada 17 kasus AKI di Pemalang. Pada periode yang sama tahun 2015, terdapat 7 kasus AKI.
     
    “Tahun ini meningkat tajam, baru trimester pertama saja sudah ada 17 kasus. Dan kebanyakan yang meninggal ibu usia produktif antara 25-35 tahun,” kata Erna saat dihubungi Metrotvnews.com, Rabu (4/5/2016).
     
    Erna menjelaskan, dari 17 kasus tersebut, 16 kasus meninggal di rumah sakit, dan 1 kasus meninggal saat dirujuk menuju rumah sakit. Dengan faktor pemicu terbanyak karena kasus berat, seperti perdarahan, eklamsi dan nifas.
     
    “Sebenarnya kematian di luar rumah sakit sudah menurun, karena sudah kami upayakan untuk persalinan di puskesmas dengan bantuan dokter. Saat ini justru yang meningkat kematian di rumah sakit, bukan karena terlambat ditangani, namun paling banyak perdarahan pasca-melahirkan,” tambahnya.
     
    Selain faktor usia, kata Erna, jumlah kasus kematian ibu juga dipengaruhi oleh tingkat pendidikan. Ibu melahirkan yang berlatar pendidikan sekolah dasar menyumbang paling banyak pada kasus kematian ibu.
     
    Tingginya kasus kematian ibu di tahun 2016, membuat Kabupaten Pemalang menempati peringkat ke 2 se-Jawa Tengah setelah Kabupaten Brebes. Padahal di tahun 2015, Kabupaten Pemalang berada di peringkat ke 5.
     
    Data Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang tahun 2014, AKI berjumlah 163 kasus per 100 ribu kelahiran hidup dengan jumlah kematian ibu sebanyak 40 kasus. Sedangkan Angka Kematian Bayi (AKB) adalah 8,5 kasus per 1.000 kelahiran hidup.
     
    Sementara di tahun 2015 AKI menurun menjadi 130 kasus per 100 ribu kelahiran hidup, dengan jumlah kematian ibu sebanyak 32 kasus. Dan untuk AKB sebanyak 8,2 kasus per 1000 kelahiran hidup.

    (SAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id