69 Desa di Boyolali Gelar Pilkades dengan E-Voting

    Pythag Kurniati - 30 Juni 2019 08:55 WIB
    69 Desa di Boyolali Gelar Pilkades dengan E-Voting
    Pilkades di Boyolai, jawa Tengah. Medcom.id/Phytag Kurniati
    Boyolali: Sebanyak 228 desa di Boyolali, Jawa Tengah, melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada Sabtu, 29 Juni 2019. Sebanyak 69 desa di antaranya menggunakan sistem pemilihan dengan cara voting elektronik (e-voting).

    Desa-desa yang menggunakan e-voting tersebar di 19 kecamatan. Paling banyak, berada di Kecamatan Karanggede yang jumlahnya lebih dari tiga desa. Sementara, di kecamatan lain rata-rata hanya dua hingga tiga desa.

    Desa Bendosari, Kecamatan Sawit, jadi salah satu desa yang menggunakan e-voting. Warga terlihat antusias mendatangi tempat pemungutan suara. Meski banyak yang mengantre, pemungutan suara berlangsung cukup lancar.

    Saat pemilih datang, petugas menyocokkan undangan dengan data pemilu tetap desa, kemudian mereka diberi smart card. Warga kemudian diminta menekan gambar calon kepala desa. Lalu, keluar kertas barcode yang harus dimasukkan ke kotak audit atau kotak suara.

    "Meski elektronik, pemilihan tetap berjalan secara offline. Artinya sistem tidak akan bisa diretas," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Boyolali, Purwanto.

    Sedangkan, sebanyak 159 desa melaksanakan pilkades dengan cara manual. "Ada total 626 cakades (calon kepala desa) yang mengikuti pemilihan," ujarnya.

    Pilkades serentak di Boyolali sejatinya digelar di 229 desa. Namun, satu wilayah yakni Desa Kuwiran, Banyudono, terpaksa ditunda lantaran pesertanya mengundurkan diri. Desa tersebut hanya memiliki dua cakades.

    "Hanya ada satu cakades, padahal menurut aturan pilkades harus diikuti minimal dua orang dan maksimal lima orang," katanya.

    Pilkades di Desa Kuwiran akan diundur hingga 20 hari ke depan sampai ada peserta minimal dua orang. Namun, apabila tidak ada juga yang mendaftar, maka pilkades di Kuwiran dilangsungkan pada 2020.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id