Bunker Lanud Adisutjipto Bisa Dikunjungi Wisatawan

    Agus Utantoro - 30 November 2016 18:15 WIB
    Bunker Lanud Adisutjipto Bisa Dikunjungi Wisatawan
    Bunker peninggalan masa penjajahan Jepang di Lanud Adisutjipto dibuka untuk wisatawan, Rabu (30/11/2016). Foto: MI/Agus Utantoro
    medcom.id, Yogyakarta: Bunker yang merupakan terowongan pertahanan pangkalan yang dibangun tentara Jepang pada 1942 lalu, di Kompleks Lanud Adisutjipto Yogyakarta, mulai Rabu 30 November 2016, dibuka untuk kunjungan wisata. Bunker ini berada di halaman Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Lanud Adisutjipto.

    Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Novyan Samyoga senang setelah renovasi bunker selesai. Ia berharap bunker ini bisa menjadi sarana edukasi dan informasi bagi masyarakat.

    Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Taibur Rahman menjelaskan bunker ini memiliki ukuran panjang 11,50 meter, tinggi 4 meter, lebar 3 meter.

    Bunker ditemukan beberapa bulan lalu dan digali kembali pada Maret 2016. “Bunker tersebut sekarang sudah direnovasi dan menjadi bangunan bersejarah yang unik dan menjadi wahana baru untuk menambah daya tarik Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala,” katanya.

    Taibur menambahkan, di dalam bunker terpasang foto foto yang merekam berbagai peristiwa yang pernah dialami TNI AU. Di antaranya peristiwa Maguwo, jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA, operasi udara pertama TNI AU, juga penampilan tim aerobatik TNI AU. 



    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id