Rp42 Miliar Digelontorkan untuk Tata Kawasan Kumuh Pekalongan

    ant - 04 Februari 2016 13:33 WIB
    Rp42 Miliar Digelontorkan untuk Tata Kawasan Kumuh Pekalongan
    Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)
    medcom.id, Pekalongan: Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengalokasikan dana Rp42 miliar untuk penataan kawasan kumuh. Ada 13 kelurahan yang menjadi sasaran penataan.

    Melansir Antara, Kamis 4 Februari 2016, Kepala Badan Pembangunan Daerah Kota Pekalongan, Sri Rusminingsih, mengatakan, dana tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Bentuknya, program Neighborhood Upgrading and Shelter Sector Project (NUSP).

    "Akan tetapi, dari 13 kelurahan tersebut, ada lima kelurahan yang menjadi prioritas untuk pengentasan kawasan kumuh. Karena kondisinya sudah cukup memprihatinkan," katanya.

    Lima kelurahan tersebut, yaitu Padukuhan Kraton, Pasir Kraton Kramat, Kandang Panjang, Bandengan, dan Krapyak. Rencananya, dana bantuan pemerintah pusat digunakan untuk optimalisasi drainase dan penataan jalan kawasan.

    Kota Pekalongan, kata dia, menjadi salah satu penerima program NUSP dari 20 kota/kabupaten di Indonesia. Perencanaannya sudah dimulai dari 2014 sedang implementasinya pada 2015, 2016, dan 2017.

    "Penataan kawasan kumuh akan dilaksanakan masyarakat melalui BKM untuk skala lingkungan. Adapun oleh DPU untuk skala kawasan kumuh," katanya.

    Penjabat Sekertaris Daerah Kota Pekalongan, Slamet Prihantono, mengatakan, pemkot sedang mengupayakan cara untuk mengatasi perumahan kumuh yang diakibatkan rob atau banjir.

    "Kami mengapresiasi pemerintah pusat karena membantu pendanaan. Dana yang dimiliki pemkot kecil untuk memenuhi kebutuhan yang besar dalam mengatasi perumahan kumuh," katanya.



    (SAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id