Rp10 Miliar Bakal Dikucurkan untuk TPST di Karimunjawa

    Rhobi Shani - 25 Juni 2019 16:06 WIB
    Rp10 Miliar Bakal Dikucurkan untuk TPST di Karimunjawa
    Pantai Lego, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. (ANT/AJI STYAWAN )
    Jepara: Pemerintah pusat menaruh perhatian khusus terhadap permasalahan sampah di Pulau Karimunjawa Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Anggaran sebesar Rp10 miliar akan dikucurkan untuk pembuatan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) tahun depan.

    "Saya tidak bisa bilang fix (pasti), namun harapannya 90 persen bisa turun (dana dari Kementrian PUPR). Karena pada tahun lalu sudah turun di atas akan tetapi karena ada event Asian Games, tidak jadi. Dananya sekitar Rp10 miliar," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jepara Farikhah Elida, Selasa, 25 Juni 2019.

    Pemerintah Kabupaten Jepara sudah berulang kali mengajukan anggaran ke tingkat pusat, agar dapat mewujudkan pembuatan TPST. Namun upaya itu gugur berulang kali.

    "DLH sudah memiliki tanah yang dikhususkan untuk lahan pengolahan sampah di Karimunjawa. Sementara baru dibuat jalan masuk dan talut," kata Elida.

    Melalui APBD DLH mengusulakan anggaran sebesar Rp500 juta. Itu untuk penggalian tanah.

    "Kami akan mengajukan dana dari APBD Perubahan untuk mengepras tanah atau lubang di tanah kami (DLH) yang masih berupa perbukitan. Tanah sisanya bisa untuk mengubur rawa, yang saat ini digunakan untuk pembuangan sampah sementara di Karimunjawa," jelas Elida.

    Elida menerangkan, Karimunjawa memeroleh perhatian khusus dari pemerintah pusat. Sebab masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau disingkat KSPN.

    "Juli besok, akan ada tim dari Kementrian PUPR akan melakukan survei, untuk melakukan kajian. Ketika memenuhi syarat, akan turun," tandas Elida.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id