Bangunan Kuno Ditemukan tak Sengaja oleh Tukang Batu

    Ahmad Mustaqim - 05 Januari 2017 18:06 WIB
    Bangunan Kuno Ditemukan tak Sengaja oleh Tukang Batu
    Warga Bantul yang menemukan batuan diduga struktur bangunan kuno. Foto: Istimewa
    medcom.id, Yogyakarta: Warga Demangan Gunungan, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, menemukan bongkahan batu andesit, Rabu 4 Januari 2017. Bongkahan batu yang ditemukan warga bernama Tumiyem, 55 tahun, itu berada di lokasi tempat galian pembuatan batu bata di kedalaman sekitar satu meter. 

    Mulanya, Tumiyem dan suami, Ngajiyono, 61, menggali tanah liat untuk membuat batu bata. Mereka curiga lantaran cangkul yang menghujam tanah itu membentur batuan keras. 

    Selang beberapa saat, mereka membongkar dua bongkahan batu balok jenis andesit yang tersusun rapi. "Kemungkinan bukan batu biasa. Kami laporkan ke polisi. Sama polisi tidak boleh digali lagi," kata Ngajiyono, Kamis (5/1/2017). 

    Tumiyem dan Ngajiyono kemudian diminta tidak melakukan penggalian lagi di lokasi itu. Keduanya lantas berpindah lokasi di lahan yang mereka sewa. 

    Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan, dan Pemanfaatan, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, Wahyu Astuti, membenarkan adanya penemuan batuan yang tersusun di Bantul. Ia mengungkapkan, pihaknya sudah mengecek lokasi dan menduga temuan itu merupakan batuan bangunan kuno. 

    "Ditemukan ada struktur seperti bangunan yang terdiri dari batuan andesit dan bata. Namun, kami belum bisa memastikan itu merupakan bangunan kuno atau bukan," ujarnya. 

    Ia mengungkapkan penemuan itu masih dalam skala kecil. Menurutnya, perlu ada penelitian lebih lanjut apakah temuan tersebut struktur bangunan kuno atau yang lain. 

    "Jika ada penemuan batuan, segera menghubungi kami," kata Wahyu.



    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id