Bunga Amaryllis Bakal jadi Ikon Wisata Gunungkidul

    Patricia Vicka - 26 Juli 2016 18:24 WIB
    Bunga Amaryllis Bakal jadi Ikon Wisata Gunungkidul
    Camat Patuk Haryo Ambar S berfoto di Taman Amaryllis milik Sukadi di Desa Beji, Patuk, Gunungkidul, DI Yogyakarta. (Metrotvnews.com/dok pribadi)
    medcom.id, Yogyakarta: Bunga amaryllis di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sempat menghebohkan dunia maya. Pemda setempat bakal menjadikan bunga musiman itu sebagai ikon wisata.

    Pamor bunga amaryllis melambung gara-gara media sosial diramikan unggahan foto netizen di lahan milik Sukadi, warga Desa Beji, Kecamatan Patuk. Masyarakat berbondong-bondong berfoto di taman itu hingga merusak beberapa tumbuhan bernama lain hippeastrum itu.

    Baca: Netizen Ngamuk Taman Amaryllis Diinjak-injak Demi Selfie

    Camat Patuk Haryo Ambar S bakal memperluas areal lahan tanaman bunga amaryllis. Langkah itu sebagai upaya menjadikan bunga yang mekar tiap musim hujan itu sebagai ikon wisata.

    Pihaknya juga telah mengumpulkan masyarakat sekitar dan membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Selain itu, kebun bunga Amaryllis telah ditata lebih rapi. Perlunya untuk mempermudah pengunjung berswafoto dan berkengkerama di sana.

    Pemerintah desa akan mendorong warga membangun fasilitas seperti toilet, pondok tempat beristirahat hingga tempat parkir yang memadai.

    "Sekarang di sana hanya ada masjid yang punya toilet. Ke depan kami dorong membangun toilet dan tempat parkir yang layak," tutur Haryo, di Gunungkidul, Selasa (26/7/2016).

    Untuk melengkapi keindahan taman, pihaknya tengah menanam bunga krisan di sekitar kebun amaryllis. Menurutnya, bunga krisan punya keindahan yang tak kalah memukau dan juga bernilai ekonomi tinggi dibandingkan amaryllis. 

    "Bunga krisan kalau sudah mati atau layu bisa dijadikan teh. Kami akan coba mempromosikan keduanya di media sosial," pungkasnya.

    (SAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id