MUI Yogyakarta Dukung Penutupan Sarkem

    Patricia Vicka - 08 Maret 2016 17:19 WIB
    MUI Yogyakarta Dukung Penutupan Sarkem
    Warga melintas di kawasan jalan Pasar Kembang, Yogyakarta (Foto: Ant/Andreas Fitri Atmoko)
    medcom.id, Yogyakarta: Pemerintah Kota Yogyakarta berencana membongkar praktik prostitusi di kawasan Pasar Kembang, Yogyakarata. Rencana ini mendapat dukungan dari Majelis Ulama Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Sekretaris MUI DIY Akhmad Muskhin Kamaludiningrat mengatakan, praktik prostitusi sudah seharusnya dihentikan karena tidak sesuai dengan nilai-nilai agama.

    "MUI mendukung penertiban Sarkem karena tindakan di sana (prostitusi) melanggar agama," kata Akhmad Muskhin Kamaludiningrat, di Gedung Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM, Yogyakarta, Selasa (8/2/2016).

    Namun, Akhmad menyarankan, penertiban Sarkem dilakukan secara persuasif dari pada menggunakan alat berat. Cara yang dapat ditempuh di antaranya melalui pendekatan dan agama.

    "Bawa mbak-mbaknya (PSK) ke Panti Sosial baik-baik dan beri siraman rohani serta dibina dengan ajaran agama," ujar dia.

    Pemerintah juga diminta memberikan solusi bagi para PSK apabila praktik prostitusi di Sarkem dibubarkan. Ini guna mengantisipasi PSK kembali ke lembah hitam.

    "Sarkem itu bukan tempat lokalisasi legal. Di sana itu perumahan rakyat yang dialihfungsikan sebagai penginapan," kata dia.

    Penertiban tanpa solusi ekonomi malah akan membuat prostitusi di Sarkem berubah dalam rupa lainnya. Ahkmad mengakui penutupan kawasan Sarkem akan menemui kendala. Sebab praktik prostitusi di kawasan itu sudah berlangsung selama puluhan tahun.



    (TTD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id