Duit Rp3 Miliar Digelontorkan untuk Drainase Solo City Walk

    Pythag Kurniati - 19 Agustus 2016 09:50 WIB
    Duit Rp3 Miliar Digelontorkan untuk Drainase Solo City Walk
    Salah satu sudut Solo City Walk di Kota Solo, Jateng. (Media Indonesia/Ferdinand)
    medcom.id, Solo: Kawasan pedestrian di Kota Solo, Jawa Tengah, dibangun di atas aspal jalur lambat Jalan Slamet Riyadi. Akibatnya, jalan protokol itu kerap tergenang ketika turun hujan lantaran air tak bisa terserap ke tanah.

    Ironisnya, kondisi ini sudah berlangsung sejak sepuluh tahun. Pemerintah setempat akhirnya merogoh kocek hingga Rp3,16 miliar untuk pelebaran drainase di kawasan yang terkenal dengan sebutan Solo City Walk itu. 

    “City Walk dibangun langsung di atas aspal jalur lambat sisi selatan Jalan Slamet Riyadi. Sehingga setiap hujan, air tidak bisa meresap, genangan muncul di sepanjang jalan protokol,” tutur Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo di Solo, Jumat (19/8/2016).

    Rudy bilang, pelebaran drainase merupakan bagian dari penataan Solo City Walk. Pedestrian yang membentang dari kawasan Sriwedari hingga Simpang Gendengan itu, disebut Rudy masih memiliki banyak kekurangan.

    Meski begitu, Rudy memastikan, proyek akan dikerjakan secara bertahap, menyesuaikan ketersediaan anggaran.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Solo, Endah Sitaresmi Suryandari mengungkapkan lebar drainase akan ditambah hingga 1,5 meter. “Saat ini lebarnya hanya sekitar 80 sentimeter,” ungkap Endah.

    Pada tahap awal, paving blok di City Walk akan dibongkar, lantaran drainase berada tepat di bawahnya. Pemkot juga akan menyesuaikan tinggi City Walk dengan jalan raya sehingga tidak mengakibatkan genangan. 

    “Di sepanjang City Walk itu juga akan dibuat resapan air,” ungkap Endah. Resapan ini berfungsi menjadi cadangan air tanah.

    Kawasan Solo City Walk dibangun saat periode pertama kepemimpinan duet Jokowi-Rudy. Kawasan ini digadang untuk ruang terbuka publik dan pengijauan kota. 



    (SAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id