Petani di Pati Justru Dukung Galian C Dilanjutkan

    Rhobi Shani - 27 Mei 2016 18:43 WIB
    Petani di Pati Justru Dukung Galian C Dilanjutkan
    Aksi warga Kedung Bulus, Gembong, Pati, mendukung penambangan Galian C minta aktivitas tambang dilanjutkan, Jum'at (27/5/2016). (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)
    medcom.id, Pati: Puluhan warga Desa Kedung Bulus, Kecamatan Gembong Kabupaten Pati, Jawa Tengah meminta aktivitas penambangan Galian C dilanjutkan. Itu lantaran, aktivitas penambangan dinilai menguntungkan petani.

    Seorang pengunjuk rasa Supangat, menyampaikan, jarak menuju sawah jadi lebih dekat lantaran adanya aktivitas pertambangan. "Karena Galian C, jadi ada akses ke lahan pertanian," ujar Supangat, Jum'at (27/5/2016).

    Sebelum ada tambang Galian C, untuk menuju sawah petani harus melawati jalan hutan mendaki bukit. Kondisi itu menyulitkan petani saat panen padi.

    "Karena ada jalan, jadi kalau panen padi, mobil pengangkut bisa masuk dekat lahan," kata Supangat.

    Tidak hanya itu, ditambahkan Supangat, keuntungan lainnya adalah hasil reklamasi galian membuat tanah lebih subur. Sebelumnya, daerah tersebut penambangan merupakan gundukan tanah yang hanya ditanami pohon penghasil kayu, seperti sengon.

    Hal senada disampaikan Joko Sumarsono, warga yang menuntut tambang Galian C dilanjutkan. Selama tidak merugikan petani, Joko mendukung aktivitas tambang berlanjut. Tanah bekas penambangan, ditandaskan Joko, pun tidak ditinggalkan begitu saja. Namun, direklamasi dan dapat dimanfaatkan untuk pertanian.

    "Jalan menjadi bagus, tidak mungkin petani bisa membuat jalan," kata Joko.

    Aksi ini merupakan aksi tandingan warga yang menolak Galian C. Warga yang kontra sudah beberapa kali melancarkan aksi penolakan. Warga yang menolak aktivitas tambang, memasang pagar agar alat berat pengeruk tidak bisa masuk ke areal tambang.

    (SAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id