Ganjar: 4.527 Kursi SMA se-Jateng Kosong

    Mustholih - 08 Juli 2019 14:39 WIB
    Ganjar: 4.527 Kursi SMA se-Jateng Kosong
    Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Medcom.id
    Semarang: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengakui kerumitan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Atas Negeri tahun ajaran 2019/2020. Setelah melewati masa pendaftaran PPDB, Ganjar menemukan 4.527 kursi di SMA-SMA se-Jateng yang masih kosong dari calon siswa.

    "Kita mendengarkan semua komplain masyarakat. Sistem ini rumit, tidak mudah. Maka kami mencoba menerjemahkan," kata Ganjar, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 8 Juli 2019.

    Padahal, Kapasitas SMA Negeri se-Jateng ditargetkan mampu menampung 113 ribu calon siswa. Namun, kata Ganjar, tidak semua kuota siswa untuk sekolah SMA Negeri di Jateng terpenuhi. "Tidak semua sekolah terpenuhi. Masih ada 4.527 tempat duduk yang belum terisi. Jadi, kosong," ujar Ganjar menegaskan.

    Ganjar menegaskan pada tahun ini, Jateng  sudah berupaya memodifikasi PPDB SMA. Misalnya, dengan mengakomodasi 20 persen calon siswa berprestasi yang mendaftar lewat jalur zonasi. 

    "Ketika kuota ditambah jalur prestasi sudah lumayan, tapi endingnya kurang," ungkap Ganjar.

    Ganjar menyatakan akan merapatkan hasil evaluasi PPDB dengan dinas-dinas terkait. "Ini mau kita rapatkan. Barang kali ada orang tua pokoknya asal negeri tapi jaraknya jauh, ada kursi kosong. Ini contoh yang ada," jelas Ganjar.

    Meski kekurangan siswa, Ganjar menegaskan tidak ada gelombang kedua untuk PPDB SMA 2019/2020. Kursi itu bisa jadi dibiarkan kosong tanpa ada siswa yang duduk di situ. "Enggak ada gelombang dua," tegas Ganjar.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id