Nahdliyin dan Gusdurian Bakal Padati Solo

    Ferdinand - 21 Februari 2019 17:01 WIB
    Nahdliyin dan Gusdurian Bakal Padati Solo
    Ilustrasi/Medcom.id.
    Surakarta: HAUL ke-9 Presiden Indonesia ke-4, KH Abdurrahmad Wahid atau Gus Dur akan dilangsungkan di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu 23 Februari 2019. Diperkirakan sekitar 50 ribu warga Nahdliyin dan Gusdurian dari berbagai daerah akan menghadiri acara yang dipusatkan di Stadion Sriwedari itu.

    Ketua Panitia Haul, Hussein Syifa' menjelaskan, acara tersebut akan dihadiri keluarga besar Gus Dur dan sejumlah tokoh. Antara lain, KH Mustofa Bisri, Mahfud MD, dan Presiden Joko Widodo.

    "Kami mengundang Pak Jokowi warga Surakarta, karena beliau memiliki hubungan batin yang sangat erat dengan Gus Dur," kata Hussein di Kota Surakarta, Kamis, 21 Februari 2019. 

    Di samping itu, lanjut Hussein, Gus Dur juga memiliki ikatan dengan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, karena mendapatkan gelar Kanjeng Pangeran Ario (KPA). Itu merupakan gelar kebangsawanan tertinggi yang diberikan kepada orang luar Keraton.

     Rangkaian acara Haul ke-9 Gus Dur diawali dengan khataman Alquran sebanyak sembilan kali pada Jumat 22 Februari 2019. Kegiatan tersebut dilangsungkan di Pondok Pesantren Al Muayyad, Mangkuyudan.

    Pada Siang harinya digelar bedah buku Islam Nusantara dan Kewarganegaraa Bhineka dengan pembicara Ahmad Suaedi, Inayah Wahid, dan KH Dian Nafi'.

    Keesokan harinya, Sabtu pagi 23 Febrauri 2019 dilanjutkan dengan dialog kebangsaan dengan tema Babar Pitutur Kamanungsan Gus Dur. Kegiatan yang dilaksanakan di Pendapi Gede Balai Kota Surakarta itu menghadirkan AS Hikam, dan mantan kepala protokoler Gus Dur, Wahyu Muryadi.

    "Pada siang harinya dilanjutkan dengan kirab kebangsaan. Pesertanya 101 ribu orang. Terdiri dari warga Nahdliyin, Gusdurian, tokoh lintas agama, komunitas dan masyarakat umum dari 54 kelurahan di Kota Surakarta," kata Hussein. 



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id