Seluruh Desa di Gunungkidul Segera Menikmati Internet Gratis

    Ahmad Mustaqim - 13 Februari 2019 15:12 WIB
    Seluruh Desa di Gunungkidul Segera Menikmati Internet Gratis
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Gunungkidul: Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan melengkapi jaringan internet gratis atau WiFi di seluruh desa. Langkah ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. 

    Kepala Bidang Layanan Informatika, Dinas Komunikasi dan Informasi Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, sejauh ini sudah ada 40 desa yang sudah dipasangi WiFi gratis.

    "Pemerintah menargetkan seluruh desa, yakni sebanyak 144 desa bisa mengakses internet gratis," ujar Kelik saat dihubungi, Rabu, 13 Februari 2019. 

    Kelik mengatakan, pemerintah berupaya memberikan kekuatan internet 10 MBPS dari DIY. Namun, hal itu akan menyesuaikan dengan kekuatan sinyal penangkap jaringan di masing-masing desa. Mengingat, ada sejumlah wilayah yang tak bisa menangkap jaringan atau blankspot. 

    "Kami akan sediakan pemasangan peralatan untuk jaringan. Kira-kira (biayanya) Rp20 juta," jelas Kelik.

    Dengan mulai teraliri internet, ia berharap masyarakat bisa mengangkat potensi usaha kecil menengah di wilayah masing-masing. Pihaknya juga akan memberikan bimbingan penggunaan teknologi untuk pemasaran. "Kita akan siapkan juga marketplace-nya," beber Kelik. 

    Selain itu, jaringan WiFi gratis juga diharapkan berdampak pada iklim pariwisata di setiap wilayah. Kelik akan berkoordinasi dengan dinas pariwisata untuk bisa merealisasikan harapannya tersebut.

    Sementara Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan, teknis pemasangan WiFi yang juga menjangkau kawasan wisata perlu dibahas lebih lanjut. Ia mengatakan ada sejumlah lokasi wisata yang masih sulit teraliri jaringan.

    "Kami kita ini jadi peningkatan kualitas pelayanan ke masyarakat dan wisatawan. Harapannya tentu bisa meningkatkan kunjungan dan minat wisatawan," ungkap Harry.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id