Dinkes Cilacap Siapkan Posko Kesehatan Pada Masa Mudik

    Antara - 22 Mei 2019 13:43 WIB
    Dinkes Cilacap Siapkan Posko Kesehatan Pada Masa Mudik
    Pemudik sepeda motor memadati jalan di daerah Karawang, Jawa Barat, pada H-2 Lebaran 2018. (ANT/Hafidz Mubarak A).
    Cilacap: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menyiapkan posko kesehatan di 17 lokasi pada masa arus mudik hingga balik Lebaran 2019. Kepala Dinkes Kabupaten Cilacap Marwoto mengatakan posko tersebut akan menyediakan pelayanan medis untuk para pemudik.

    "Posko yang dibuka mulai H-7 hingga H+7 Lebaran 2019 itu lokasinya berbarengan dengan posko yang dibuka oleh Polres Cilacap dan Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap di sepanjang jalur mudik," kata Marwoto di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu, 22 Mei 2019.
    Marwoto menjelaskan, seluruh puskesmas di Kabupaten Cilacap telah diperintahkan memberikan layanan selama 24 jam pada H-7 hingga H+7 Lebaran meskipun tidak berada di jalur mudik. Dalam hal ini, kata dia, puskesmas yang lokasinya jauh dari jalur mudik pun tetap diperintahkan untuk membuka layanan selama 24 jam.

    "Jadi, selain menyiagakan 38 puskesmas yang kami miliki, kami juga menyiapkan posko di 17 lokasi," jelas Marwoto.

    Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan menggelar pemeriksaan kesehatan bagi sopir dan awak bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang baru masuk Terminal Bus Cilacap. Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan tersebut dilaksanakan setiap hari pada H-7 hingga H-7 Lebaran itu ditujukan untuk mengetahui apakah sopir tersebut layak mengendarai bus.

    "Pemeriksaan kesehatan dilakukan di puskesmas terdekat dengan terminal karena peralatannya lebih lengkap dibandingkan posko. Salah satu fokus pemeriksaan kesehatan adalah penyakit tekanan darah tinggi," pungkas Marwoto.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id