Wisatawan di Lereng Merapi Diminta Tetap Waspada

    Ahmad Mustaqim - 02 Februari 2019 14:48 WIB
    Wisatawan di Lereng Merapi Diminta Tetap Waspada
    Pengunjung menikmati suasana pagi di obyek wisata Bukit Klangon, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (1/5). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah.
    Yogyakarta: Aktivitas pariwisata di lereng Gunung Merapi tetap dibuka. Selain liburan akhir pekan, juga diikuti dengan libur Imlek. Dalam situasi gunung mengalami guguran tiap hari, wisatawan diimbau tetap waspada.

    Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Akhmadi mengatakan, wisatawan tetap bisa menikmati wisata dengan mematuhi aturan terkini. Ia menyatakan, belum ada perubahan kebijakan signifikan berkaitan kegiatan pariwisata.

    "Untuk wisata semua bisa kecuali semua jalur pendakian (jalur) Selo dan Sapuangin yang ditutup sejak Mei sampai dengan sekarang kaitannya dengan status waspada Merapi," kata Akhmadi saat dihubungi, Sabtu, 2 Februari 2019.

    Akhmadi menyatakan, pihaknya terus berkomunikasi secara berkala dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman hingga Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta untuk membarui aktivitas Gunung Merapi. 
     
    "Rekomendasi BPPTKG kami jadikan acuan dalam hal aktivitas wisata. Sedangkan, BPBD kita koordinasi jika terjadi bencana, kecelakaan, dan sebagainya," ungkap Akhmadi. 

    Aktivitas Gunung Merapi terbilang tinggi dalam beberapa bulan terakhir. Sejumlah guguran di puncak gunung tersebut terjadi hampir setiap hari.

    Catatan BPPTKG, Gunung Merapi mengalami sembilan kali guguran dalam rentang waktu pukul 00.00-06.00 WIB pada Sabtu, 2 Februari 2019. Durasinya berkisar 3 hingga 43 detik. 

    Lewat akun resmi Instagram BPPTKG, volume kubah lava per 22 Januari 2019 mencapai 461 ribu meter kubik. Sementara, status gunung Merapi masih berada pada level II atau waspada.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id