Menhub Rencanakan Pembangunan Kereta Bandara Ahmad Yani

Budi Arista Romadhoni - 16 Mei 2018 18:37 wib
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (berdiri, kanan) saat
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (berdiri, kanan) saat memberikan paparan dialog nasional 'Indonesia Maju' di UTC Semarang, Rabu 16 Mei 2018, Medcom.id - Budi Arista

Semarang: Pembangunan kereta yang menghubungkan dari pusat kota ke bandara seolah menjadi tren di sejumlah kota besar di Indonesia. Kota Semarang sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah nantinya juga akan memiliki moda transportasi tersebut. 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat dialog nasional 'Indonesia Maju' menyatakan,  saat ini sedang mempersiapkan kereta bandara untuk Kota Semarang. Nantinya dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang akan dihubungkan dengan stasiun yang ada di Kota Semarang. 

"Kereta bandara juga nanti ada di Semarang, akan dihubungkan dengan stasiun kereta api," katanya di UTC Semarang, Rabu 16 Mei 2018. 

Budi tidak menyebut secara spesifik kapan rencana itu bakal direalisasikan. Kemenhub sendiri selain mengembangkan kereta bandara di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, saat ini  juga tengah membangun di Bandara Adi Soemarmo Solo.  

Kemudian Selain kereta bandara di Semarang, Menhub menuturkan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya sedang tahap finalisasi. Namun jalur tersebut lebih diutamakan dari Jakarta-Semarang terlebih dulu. 

"Kami sedang finalisasi kereta semi cepat Jakarta-Surabaya, tapi utamakan Jakarta-Semarang," ujarnya.

Kereta semi cepat nantinya direncakanan secepat 160 km perjam. Untuk waktu tempuh Jakarta sampai Semarang diperlukan waktu sampai kurang lebih 3,5 jam. 

"Kecepatan sekitar 160 km/jam. Kira-kira Jakarta Semarang itu 3,5 jam," tandasnya. 



(RRN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.