Wujud Kebinekaan Kota Solo Sambut Imlek

    Pythag Kurniati - 04 Februari 2019 11:55 WIB
    Wujud Kebinekaan Kota Solo Sambut Imlek
    Perayaan Grebeg Sudiro dalam rangka merayakan tahun baru imlek di Solo



    Solo: Ribuan orang memadati kawasan Pasar Gede Solo, Minggu, 3 Februari 2019. Mereka ingin menyaksikan kirab kebhinekaan Grebeg Sudiro yang setiap tahunnya digelar untuk menyambut Imlek.

    Meskipun sempat turun hujan, masyarakat tetap tak beranjak dari tempatnya untuk menyaksikan atraksi seni dan budaya Solo. Sekitar 1.500 peserta kirab terbagi dalam 54 kelompok turut memeriahkan garebek.






    Kirab menempuh rute sekitar dua kilometer. Mulai dari Pasar Gede, kirab melewati Jalan Mayor Kusmanto, Jalan RE Martadinata, Jalan Cut Nyak Dien, Jalan Ir Juanda dan kembali ke Pasar Gede di Jalan Urip Sumoharjo.

    Sejumlah atraksi disajikan, mulai dari kebudayaan Cina seperti liong dan barongsai, kebudayaan Islam seperti hadrah, serta kebudayaan Jawa seperti wayang orang dan tari tradisional.

    Ketua panitia Grebeg Sudiro, Angga Indrawan, mengatakan acara tersebut sebagai simbol keberagaman masyarakat Solo. "Meski beragam, masyarakat tetap rukun dan damai," ujarnya, Minggu, 3 Februari 2019.

    Sementara itu, Ketua Panitia Bersama Imlek, Sumartono Hadinoto, menilai kebersamaan seluruh elemen masyarakat ini penting untuk menjadikan Solo semakin maju. "Dengan toleransi, Solo layak menjadi kota yang paling nyaman dihuni," kata dia.

    Adapun nama Grebeg Sudiro berasal dari kata Sudiroprajan yang merupakan nama kelurahan tempat berlangsungnya kirab. Kelurahan ini banyak ditinggali warga keturunan etnis Tionghoa.

    Meski demikian, masyarakat antaretnis sudah saling berbaur sejak lama. Kerukunan inilah yang menjadi ruh dari Grebeg Sudiro.




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id