• DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK : Tanggal 19 SEP 2018 terkumpul RP 19.955.605.901

Siswa SD Patungan Sisihkan Uang untuk Guru Bergaji Kecil

Ahmad Mustaqim - 14 September 2018 18:52 wib
Sejumlah anak di SD Mentel 1 Desa Hargosari, Gunungkidul,
Sejumlah anak di SD Mentel 1 Desa Hargosari, Gunungkidul, menyerahkan uang sumbangan untuk membantu GTT di sekolah tersebut, Jumat, 14 September 2018, Medcom.id - Mustaqim

Gunungkidul: Seorang siswa SD Mentel 1 Desa Hargosari, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, DI Yogyakarta, menenteng sebuah kardus berkeliling sekolah. Ia mengumpulkan uang dari teman-temannya yang nantinya diberikan kepada guru tak tetap (GTT).

Aksi siswa bernama Carisa Moniati itu mendapat sambutan positif. Teman-temannya pun memberikan sumbangan dari saku masing-masing.

Di SD tersebut, sebanyak 158 siswa bersekolah. Ada siswa yang memasukkan uang Rp2 ribu ke kardus, ada juga yang Rp10 ribu.

"Uang ini kami sisihkan untuk bapak ibu guru yang gajinya kecil," kata Carisa di sekolahnya, Jumat, 14 September 2018.

Bapak ibu guru yang dimaksud Carisa yaitu guru yang berstatus tidak tetap alias GTT. Carisa mengaku mengetahui besaran gaji GTT lebih kecil ketimbang guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS). 

"Iya, makanya ini buat bantu uang saku bapak ibu guru. Biasanya kami kalau Jumat bawa bekal dari rumah, di sekolah cukup jajan buat minum," kata dia. 

Bayu Dwi Nur Cahyani, GTT di SD Mentel 1 Desa Hargosari, mengatakan berterima kasih atas kepedulian anak-anak didiknya. Bayu mengajar di SD Mentel 1 Hargosari sejak 2005. Ia menerima gaji Rp100 ribu hingga Rp200 ribu per bulan. 

"Terharu rasanya melihat siswa di sini. Mereka didukung orang tuanya supaya tetap semangat belajar di sekolah," ungkapnya. 

Kepala SD Mentel 1 Kamijan mengatakan aksi siswa didukung Komite Sekolah. Di SD Mentel 1, kata Kamijan, terdapat delapan GTT.

Kamijan berharap pemerintah dapat memberikan perhatian pada GTT. Sehingga, mereka dapat tetap mendidik anak-anak dengan kesejahteraan yang setimpal.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rasyid, mengklaim sudah berusaha meningkatkan pendapatan GTT. Bahron mengatakan ia mengusulkan upah GTT sebesar Rp600 ribu mulai 2019.


(RRN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.