Digerus Air, Jalan Penghubung Karimunjawa-Kemujan Putus

    Rhobi Shani - 28 Maret 2018 11:56 WIB
    Digerus Air, Jalan Penghubung Karimunjawa-Kemujan Putus
    Jalan penghubung Karimunjawa-Kemujan putus digerus air hujan. (Medcom.id/Rhobi Shani)
    Jepara: Jalan penghubung Desa Karimunjawa dengan Desa Kemujan di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, putus akibat hujan deras. Tanah di sisi jalan tidak kuat menahan gerusan air. Aktivitas penambangan pasir dituding jadi penyebab putusnya satu-satunya jalan penghubung dua pulau tersebut. 

    Sekertaris Desa Kemujan, Abdul Rosyid, menyampaikan aktivitas masyarakat dan pariwisata terganggu akibat putusnya jalan penghubung dua desa ini.

    “Diberi papan kayu untuk jembatan sementara agar bisa dilewati. Tapi hanya bisa untuk manusia dan sepeda motor. Itu jalan satu-satunya,” ujar Rosyid saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 28 Maret 2018.

    Rosyid melanjutkan, jalan dengan lebar 4,5 meter itu menghubungkan Desa Karimunjawa dengan Desa Kemujan menyusuri pantai. Sisi kanan jalan, dari Karimunjawa, berupa lereng. Jalan yang putus berada di Dukuh Nyamplungan, Desa Karimunjawa.

     “Air dari atas (pegunungan Karimunjawa) langsung ke bawah. Kalau dari Kemujan, di sisi kanan jalan yang putus ada lokasi penambangan pasir,” ungkap Rosyid.

    Kepala Desa Karimunjawa, Arif Rahman, menambahkan jalan yang putus sepanjang 3 meter dengan kedalaman 2,5 meter. Selain membuat jembatan darurat dari kayu, warga membuat jalan alternatif dengan cara mengeruk tanah di sisi kanan jalan.

    “Kalau dilihat yang atas, putusnya sekitar 3 meter tapi yang bawah panjang tanah yang tergerus sampai 4 meter lebih, jadi tanah yang atas menggantung sangat berbahaya kalau dilalui. Dengan peralatan seadanya warga membuat jalan alternatif agar bisa dilalui sepeda motor,” kata Arif.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id