Warga dan Wisatawan Mulai Meninggalkan Karimunjawa

    Rhobi Shani - 10 Juni 2019 15:11 WIB
    Warga dan Wisatawan Mulai Meninggalkan Karimunjawa
    Warga dan Wisatawan Mulai Meninggalkan Karimunjawa, Senin, 10 Juni 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani.
    Jepara: Gelombang warga kepulauan Karimunjawa yang balik ke perantauan mulai nampak di Demaga Kartini. Puncak arus balik dari wilayah terluar Kabupaten Jepara itu masih akan terjadi, sebab banyak wisatawan yang menikmati libur Lebaran di kepulauan Karimunjawa.

    Nakhoda kapal motor penumpang (KMP) Siginjai, Husaini Ibrahim mengatakan hari Minggu, 9 Juni 2019, merupakan puncak arus balik warga dan wisatawan dari Karimunjawa. Dia memperkirakan, gelombang penumpang kapal masih akan berlanjut pada besok, Selasa, 11 Juni 2019.

    "Ya, kebetulan hari Minggu merupakan hari balik. Tapi masih ada liburan sekolah, diperkirakan besok akan lebih banyak. Kemarin bawa sekitar 600 penumpang," ujar Husaini saat dikonfirmasi, Senin, 10 Juni 2019.

    Husaini menyebut arus balik terurai lantaran perbedaan masa libur. Bagi pekerja mulai masuk kerja pada hari ini. Sementara pelajar akan masuk sekolah pada Kamis, 13 Juni 2019.

    "Cuaca di laut pun bagus, masih aman. Musim (angin) timur kan nanti sampai bulan Agustus. Tidak ekstrem seperti tahun lalu," jelas Husaini.

    Pada musim mudik dan balik lebaran 2019 dua kapal yakni KMC Express Bahari dan KMP Siginjai, melakukan penambahan trip. Hal itu karena, pemudik dan wisatawan menuju pulau tropis itu meningkat. Diperkirakan, ada sejumlah 14 ribu orang yang melakukan penyebrangan ke Karimunjawa.

    Seorang pemudik, Iwan Susiono mengaku hari ini  harus kembali bekerja di Kabupaten Boyolali. Dia mudik selama enam hari di Karimunjawa.

    "Saya asli Karimunjawa, tapi tinggal dan kerja di Boyolali. Pulang ke Karimunjawa bersama keluarga," ujar Iwan.

    Iwan balik ke Boyolali menggunakan motor, bersama empat anggota keluarganya. Selai itu, dia juga membawa serta beberapa oleh-oleh yang dikaitkan di jok motornya.




    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id