Terduga Pemerkosa Mahasiswi UGM Sempat Stres

    Ahmad Mustaqim - 30 Desember 2018 10:40 WIB
    Terduga Pemerkosa Mahasiswi UGM Sempat Stres
    Pengacara terduga pemerkosa mahasiswi UGM, Tommy Santoso. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Yogyakarta: Terduga pemerkosa mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berinisial H disebut sempat stres. Tekanan publik hingga larangan kampus untuk wisuda pada November 2018 lalu membuat dirinya tertekan.

    "Stres dia. 'Saya diperlakukan seperti ini, kok tidak adil.' Termasuk UGM Yang melarang dia untuk ikut wisuda. Ini dua hal beda, antara akademik dan (dugaan) pidana," kata pengacara H, Tommy Santoso di salah satu lokasi di Jalan Padjajaran Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu, 29 Desember 2018.

    Tommy mengatakan ada sejumlah kemungkinan pada kliennya untuk kasus yang kini ditangani Polda DIY. Salah satu kemungkinannya yakni masuk ranah hukum atau pidana.

    Jika kasus tak terbukti masuk pidana, Tommy meminta aparat bisa menghentikan penyidikan lewat surat perintah penghentian penyidikan (SP3). Menurut dia, kasus itu menanggung hidup kliennya.

    "Kita ingin dia (H) wisuda besok (Februari). Saya akan melawan kalau ada yang menghalangi, sebagai pribadi yang belum dipastikan tersangka," ujarnya.

    Hingga kini polisi masih menyidik kasus dugaan pemerkosaan H terhadap mahasiswi UGM berinisial S pada saat KKN di Pulau Seram, Maluku pada 2017. Sudah ada belasan saksi yang diperiksa dalam kasus itu.

    Pihaknya akan siapkan sejumlah saksi yang meringankan bila kasus ini masuk ranah pidana. Ia menolak menyebutkan siapa kemungkinan bakalan yang jadi saksi.

    "Kalau terbukti pidana, saya akan ajukan saksi meringankan. Entah saksi ahli atau teman di lokasi saat itu. Saya sebagai penasihat hukum pun tak bisa melakukan intervensi kasus ini," ujarnya.

    "Saat ini klien saya sehat. Dia terus berdoa agar mendapat keadilan. Dia masih di Yogya," lanjutnya.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id