Harga Tiket Kapal ke Karimunjawa Naik

    Rhobi Shani - 13 Mei 2019 11:23 WIB
    Harga Tiket Kapal ke Karimunjawa Naik
    KMP Siginjai yang melayani penyebrangan Jepara – Karimunjawa bersandar di Dermaga Kartini, Jepara.
    Jepara: Tiket kapal penyeberangan Jepara-Karimunjawa naik mulai hari ini, Senin, 13 Mei 2019. Kenaikan ini lantaran penyesuaian harga dan adanya pergantian kapal.

    Kepala Bidang Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, Suroto menyampaikan, tiket kapal motor penumpang (KMP) Siginjai semula Rp74.500, naik menjadi Rp94.500. Harga baru tiket kapal kelas ekonomi itu akan disosialisasikan selama sepekan, mulai saat ini.

    “Untuk yang VIP naiknya berapa kami belum tahu, karena itu kewenangan menejemen (PT ASDP). Yang kelas ekonomi surat keputusannya sudah ditandatangani bupati,” ujar Suroto, Senin, 13 Mei 2019.   

    Naiknya harga tiket kapal kali ini bukan lantaran menjelang lebaran. Naiknya harga tiket KMP Siginjai lantaran adanya penyeseuaian harga setiap tahun. Sebab, pemerintah daerah maupun pusat tidak lagi memberikan subsidi harga tiket.

    “Karena penyesuaian, kalau langsung dinaikan banyak terlalu tinggi,” kata Suroto.

    Terpisah, Kepala Cabang Express Bahari Jepara, Samsi mengatakan, kenaikan harga tiket kapal motor cepat (KMC) Express Bahari lantaran pergantian kapal dengan yang baru dan lebih bagus. Sehingga biaya operasional meningkat.

    “Tidak ada kaitan dengan momen lebaran. Tapi karena alasan di Jepara diganti kapal yang baru dan lebih bagus,itu yang jadi pertimbangan kami untuk naikan tiket ditambah lagi untuk pelayanan pastinya juga akan kami tingkatkan lagi,” ungkap Samsi.

    Harga tiket KMC Express Bahari pada kelas VIP mengalami kenaikan Rp15 ribu. Dari yang semula Rp177 ribu kini menjadi jadi Rp192 ribu. Untuk kelas executive mengalami kenaikan Rp10 ribu. Dari tarif semula Rp152 ribu berubah menjadi Rp162 ribu.

    “Tarif tiket untuk warga lokal (Karimunjawa, red.) dari yang semula Rp82 ribu menjadi Rp102 ribu. Untuk guru dan infant (bayi) tarifnya tetap. Guru tetap Rp102 ribu dan bayi Rp20 ribu,” beber Samsi.

    Diketahui Express Bahari merupakan kapal cepat yang membuka jalur penyeberangan Jepara-Karimunjawa dan sebaliknya. Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Kartini menuju Karimunjawa setiap hari Senin, Selasa, Jumat, dan Sabtu. Sedangkan untuk rute Karimunjawa- Jepara berangkat setia hari Senin, Rabu, Sabtu, dan Minggu.

    “Penumpang saat ini masih normal. Nanti kalau sudah mendekati Lebaran biasanya meningkat sampai dua kali lipat,” pungkas Samsi.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id