Baru 18 Desa di Jepara Siaga Bencana

    Rhobi Shani - 12 Januari 2019 14:17 WIB
    Baru 18 Desa di Jepara Siaga Bencana
    Banjir di Desa Batukali Kecamatan Kalinyamatan pada 2014. Medcom.id/Rhobi Shani
    Jepara: Dua desa di Kabuapten Jepara, Jawa Tengah, disiapkan menjadi desa siaga bencana tahun ini. Sejak 2014, hingga kini Jepara sudah memiliki 18 desa siaga bencana. Sementara, desa tangguh bencana baru tiga.

    Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kusdiyarto menyampaikan, desa siaga bencana tahun ini belum ditentukan. Penentuan desa siaga bencana salah satunya bedasar pada tingkat kerawanan bencana pada suatu desa.
    “Desa siaga bencana ini dibiayai pemerintah kabupaten,” ujar Kusdiyarto, Sabtu, 12 Januari 2019.

    Anggaran yang dikucurkan pemerintah daerah untuk desa siaga bencana hanya Rp15 juta tiap desa. Berbeda dengan desa tanggung bencana yang dibentuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang mencapai ratusan juta tiap desa.

    “Tahun ini program desa tangguh bencana tidak ada,” ungkap Kusdiyarto.

    Kecamatan yang sudah disentuh program desa siaga bencana yaitu, Kecamatan Kembang, Kecamatan Tahunan, Kecamatan Welahan, dan Kecamatan Mayong. Rinciannya, dari tahun 2014 hingga 2017, ada tiga desa siaga bencana tiap tahunnya. Tahun lalu, desa siaga bencana ada di Desa Gedangan Kecamatan Welahan dan Desa Sowan Kidul Kecamatan Kedung.  

    “Sedangkan desa tangguh bencana baru tiga, yaitu Desa Tempur Kecamatan Keling, Desa Batukali Kecamatan Kalinyamatan, dan Desa Bungu Kecamatan Mayong. Kalau desa tangguh bencana kegiatannya banyak, tapi kalu desa siaga bencana kegiatannya paling hanya sebatas sosialisasi,” beber Kusdiyarto.

    Baca: 57 Desa Di Jepara Rawan Longsor

    Kabupaten Jepara memiliki 195 desa dan kelurahan. Sebanyak 57 desa di antaranya rawan bencana tanah longsor. Hanya satu desa yang aman dari resiko bencana banjir. Yaitu Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan.

     Baca: Hanya Satu Desa di Jepara Aman Risiko Bencana



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id