Kapal Kayu Dilarang Angkut BBM di Pelabuhan Kartini

    Rhobi Shani - 26 Februari 2019 15:47 WIB
    Kapal Kayu Dilarang Angkut BBM di Pelabuhan Kartini
    Pelabuhan Kartini Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
    Jepara: Peristiwa kapal terbakar pernah terjadi di Pelabuhan Kartini Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pada April 2016. Tiga kapal hangus terbakar dalam peristiwa itu. Usai peristiwa kebakaran kapal tersebut, kapal kayu  dilarang mengangkut Bahan Bakar Minyak di pelabuhan.

    Kepala Bidang Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, Suroto menegaskan agar peristiwa kebakaran kapal tak terulang, Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara sudah mengeluarkan himbauan kepada nelayan. Setiap kapal yang bersandar harus ada yang menunggu, minimal satu awak kapal. Selain itu, kapal yang ditinggal harus dalam keadaan mesin mati.

    “Kapal-kapal kayu sekarang juga sudah dilarang untuk mengangkut BBM (bahan bakar minyak). Peristiwa (kebakaran kapal 2016) dulu itu karena ada percikan api saat kapal pengangkut BBM menyalakan mesin terus terjadi kebakaran,” kata Suroto.

    Pihaknya juga memastikan untuk mencegah kebakaran sejumlah alat pemadam api ringan (Apar) sudah tersedia. Setiap setahun sekali racun api diganti.

    “Standar pelayanan di pelabuhan sudah terpenuhi. Itu seperti kapal patroli, ruang tunggu penumpang, tempat parkir dan lain-lain,” terang Suroto, pada Selasa, 26 Februari 2019.

    Baca: Kapal Pengangkut BBM Meledak di Pelabuhan Jepara

    Terpisah, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Syahbandar Kabupaten Jepara, Trijoto menyampaikan, pihaknya sudah pernah mengusulkan untuk pemasangan hydrant di pelabuhan penumpang dan barang. Namun, sampai saat ini usulan itu belum terealisasi.

    “Antisipasi kebakaran kapal, kami sudah rutin patroli dan memberikan himbauan. Kapal yang ditinggal harus dalam keadaan mesin mati. Lampu-lampu di kapal juga harus mati,” kata Trijoto.

    Seperti diketahui, peristiwa kebakaran kapal pernah terjadi di pelabuhan penumpang dan barang di Kabupaten Jepara. Pada April 2016 tiga kapal terbakar di pelabuhan penyebrangan Kartini Jepara. Peristiwa kebakaran kapal kembali terjadi pada April 2017 di pelabuhan barang Kabupaten Jepara. Dua peristiwa kebakaran kapal itu bermula dari kapal yang mengangkut BBM.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id