13 Ribu Warga Jateng Belum Dapatkan KTP-el

    Budi Arista Romadhoni - 05 April 2019 10:18 WIB
    13 Ribu Warga Jateng Belum Dapatkan KTP-el
    Ilustrasi. Warga menunjukkan KT elektronik. Foto: Antara/Seno
    Semarang: Sebanyak 13.128 warga Jawa Tengah belum mendapatkan KTP elektronik (KTP-el).  Namun, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pencatatan Sipil (Dispermadescapil) memastikan bahwa puluhan ribu orang tersebut sudah merekam data KTP-el di masing-masing daerah. 

    Kepala Dispermadescapil Jawa Tengah, Sugeng Riyanto, mengungkapkan masyarakat yang sudah merekam data, KTP-el milik mereka masih menunggu proses pencetakan.

    "Mereka sudah rekam tapi KTP-el tersebut belum dicetak. Paling banyak berada di Pemalang, Cilacap dan Brebes," ungkapnya di Semarang, 5 April 2019. 

    Ia menjelaskan, di Pemalang, layanan rekam KTP-el sedikit lambat lantaran mengalami masalah pada kesiapan sumber daya manusia serta jaringan internet yang lelet. Kemudian di Brebes dan Cilacap masih banyak antrean pembuatan KTP-el di beberapa kecamatan.

    "Semuanya kita keroyok. Termasuk meminjam mesin printernya. Sehingga sampai hari ini, dari 27.170.000 jiwa yang sudah rekam KTP-el. Yang belum tinggal 0,04 persen," jelasnya.

    Ia menyatakan, mayoritas yang belum dapat KTP-el berasal dari pemohon baru. Yaitu rata-rata pemohon baru berusia 17 tahun. 

    Saat mendekati pemilu seperti sekarang, pihaknya mengaku tetap berkomitmen untuk jemput bola ke daerah-daerah. Termasuk menyambangi warga ketika hari libur. 

    "Kita layani semua berkas lengkap sehari jadi. Karena kita dipantau langsung sama Pak Dirjen Disdukcapil. Makanya, kita permudah layanan rekam KTP-el," tuturnya.

    Ia menyatakan petugasnya akan terus berkerja lembur untuk menuntaskan rekam KTP-el sampai hari H coblosan.

    "Kita juga bantu pemantauan KTP-el selama Pemilu bersama Bawaslu dan KPU. Sebagai contoh di Pati, Grobogan, Purbalingga, Banyumas dan Jepara," bebernya. 




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id