Bupati Jepara Rekomendasikan Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan

    Rhobi Shani - 19 Maret 2019 19:27 WIB
    Bupati Jepara Rekomendasikan Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan
    Bupati Jepara Ahmad Marzuqi usai diperiksa penyidik KPK. Medcom.id/Rhobi Shani
    Jepara: Yayasan Dharma Bakti Lestari menerima rekomendasi dari Bupati Jepara Ahmad Marzuqi untuk pengusulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional. Rekomendasi tersebut akan jadi modal tambahan yayasan untuk mengajukan Ratu Kalimanyat menjadi pahlawan nasional.

    Perwakilan Yayasan Dharma Bakti Lestari Nur Hidayat menyampaikan, surat rekomendasi dari bupati Jepara sudah diterima Senin, 18 Maret 2019. Pihaknya akan segera melengkapi berkas-berkas persyaratan pengajuan pahlawan.

    “Gagasan ibu Lestari Moerdijat rupanya disambut baik Pak Bupati. Surat rekomendasi sudah turun. Segera akan kami lengkapi berkas persyaratan yang lainnya,” ujar Nur Hidayat, Selasa, 19 Maret 2019.

    Baca: Masyarakat Jepara Dukung Gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat

    Sejumlah rangkain kegiatan usulan gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat sudah dilakukan. Misalnya, mengunjungi situs yang diduga peninggalan Ratu Kalinyamat. Kajian akademik juga dilakukan dengan melibatkan sejumlah sejarawan dan budayawan.

    “Forum diskusi dengan organisasi dan elemen-elemen masyarakat juga sudah kami lakukan. Forum itu sepakat gelar Pahlawan Nasional memang layak diberikan untuk Ratu Kalinyamat,” kata Nur Hidayat.

    Nur Hidayat akan menggelar seminar nasional untuk mengupas sosok Ratu Kalinyamat. Pihaknya tengah mengumpulkan sejumlah berkas persyaratan pendukung agar misi tersebut terlaksana.

    Pemerintah Kabupaten Jepara sudah dua kali mengusulkan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional. Namun, usaha yang dilakukan pada 2005 dan 2016 itu tak membuahkan hasil.

    Baca: "Sudah Saatnya Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional"



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id