Petugas Adisutjipto Gagalkan Upaya Penyelundupan 7500 Kuda Laut

    Patricia Vicka - 27 Maret 2019 18:26 WIB
    Petugas Adisutjipto Gagalkan Upaya Penyelundupan 7500 Kuda Laut
    Petugas Airport Security di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta mengagalkan upaya penyelundupan ribuan kuda laut, Rabu 27 Maret 2019. Dok: Humas Bandara Adisutjipto.
    Yogyakarta: Petugas Airport Security di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta mengagalkan upaya penyelundupan ribuan kuda laut, Rabu 27 Maret 2019 sekitar pukul 10.15 WIB. General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan, pengungkapan ini bermula dari kecurigaan petugas akan barang bawaan salah satu penumpang di terminal B keberangkatan.

    "Ada penumpang bawa kardus besar berwarna coklat dilapisi kantong plastik hitam. Ada dua kardu. Petugas kami curiga," jelas Pandu di Yogyakarta, Rabu, 27 Maret 2019.

    Dari temuan tersebut, petugas kemudian melakukan koordinasi dengan petugas CCTV untuk melakukan monitor pada penumpang tersebut. Barang bawaan turut diperiksa dengan mesin X-Ray HBS. Saat dibuka petugas, isi kardus tersebut adalah ribuan kuda laut kering. 

    "Jumlahnya 7.040 ekor kuda laut kering. Terbagi dalam dua (dua) kardus besar berwarna cokelat. Masing-masing berat kardus yaitu 14 kilogram dan 12 kilogram," beber Pandu.

    Menurut Pandu, barang bawaan ini juga tidak dilengkapi surat resmi dari Kantor Karantina Ikan. Lantaran kuda laut termasuk barang bawaan yang dilarang diangkut sesuai dengan aturan perundangan UU Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

    Penumpang tersebutpun ditahan sementara untuk diperiksa lebih lanjut. Hasil pemeriksaan sang penumpang berinisial LB, 38, berasal dari Yogyakarta. Ia hendak terbang menggunakan Air Asia AK347 dengan rute Yogyakarta-Kuala Lumpur-Bangkok Don Meang.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id