Wisatawan Asal Madiun Tewas Terseret Arus Pantai Gunungkidul

    Ahmad Mustaqim - 08 April 2019 20:15 WIB
    Wisatawan Asal Madiun Tewas Terseret Arus Pantai Gunungkidul
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Gunungkidul: Tiga wisatawan di Pantai Baron Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta terseret arus pada Senin siang, 8 April 2019. Dari tiga korban, satu di antaranya ditemukan dalam keadaan sudah meninggal.

    Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, tiga korban terseret arus yakni Aditya Alului, 24; Dadang Permana Putra, 24; dan Slamet Mulyadi, 27. Ketiganya wisatawan asal Kabupaten Madiun, Jawa Timur.
     
    "Arus deras itu yang kemungkinan menyeret korban," ujar Surisdiyanto saat dihubungi di Yogyakarta.

    Surisdiyanto mengatakan, ketiga wisatawan ini semula bermain air di aliran sungai yang bermuara di Pantai Baron. Menggunakan pelampung parasit, ketiganya terseret arus deras hingga tenggelam.

    Saat mengetahui insiden tersebut, kemudian Tim SAR segera bergerak untuk melakukan pertolongan. Aditya dan Dadang ditemukan lebih awal dalam kondisi selamat. 

    Melanjutkan pencarian, Slamet menyusul diketemukan. "Korban ini (Slamet) meninggal karena tenggelam," jelas Surisdiyanto.

    Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono mengungkapkan, sebanyak 25 personel dilibatkan dalam pencarian. Korban meninggal baru ditemukan setelah dua jam usai kejadian.

    "Korban (meninggal) ditemukan tak dari dari lokasi kejadian. Anggota SAR menemukan saat menyelam di air," ungkapnya.

    Usai proses evakuasi, korban meninggal dikoordinasikan dengan pihak keluarga. Korban meninggal dikirim ke rumah duka dengan alamat Segulung, Dagangan, Madiun, pada sore hari.

    Semetara, korban selamat telah ditangani tim medis di posko SAR. Mereka dalam kondisi lemas dan shock. "Kami terus mengimbau wisatawan agar mematuhi arahan petugas di lapangan. Ini untuk mengurangi risiko kecelakaan," KATA Marjono.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id