Sejumlah Sopir Bus di Surakarta Jalani Tes Kesehatan

    Antara - 22 Mei 2019 15:42 WIB
    Sejumlah Sopir Bus di Surakarta Jalani Tes Kesehatan
    Awak bus menjalani pemeriksaan kesehatan di Terminal Bus Purboyo Madiun, Jawa Timur, Selasa (13/6). ANTARA FOTO/Siswowidodo.
    Solo: Sejumlah sopir bus dari berbagai perusahaan otomotif (PO) mengikuti tes kesehatan di Terminal Tirtonadi Surakarta, Jawa Tengah. Pemeriksaan dilakukan seiring makin dekatnya momentum mudik Lebaran.

    "Dari hasil pemeriksaan ini akan disimpulkan mengenai faktor risiko dari seorang pengemudi," kata Koordinator Tes Kesehatan Pengemudi Sunaryo di Solo, Jawa Tengah, Rabu, 22 Mei 2019.

    Sunaryo menjelaskan beberapa pemeriksaan yang dilakukan kepada pengemudi yaitu tekanan darah, buta warna, gula darah, narkoba, dan alkohol. Selanjutnya, pengemudi akan mendapatkan sertifikasi kelaikan jalan atau tidak.   

    "Kalau dinyatakan layak berarti bisa melanjutkan untuk mengemudi. Untuk rekomendasi akan diberikan oleh kepala Terminal Tirtonadi karena yang memutuskan layak jalan atau tidak adalah kepala terminal," jelas Sunaryo.

    Sunaryo mengatakan dari hasil pemeriksaan, yang paling banyak ditemukan adalah pengemudi bus menderita hipertensi dan gula darah. Menurut dia, penyakit tersebut akibat kurangnya olahraga.

    "Kalau narkoba belum ada. Untuk yang hipertensi sedang kami berikan pengobatan. Bahkan kalau perlu rujukan juga kami berikan," beber Sunaryo.

    Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surakarta Kompol Edison Pandjaitan mengatakan pengecekan narkoba cukup penting bagi seorang pengemudi.

    "Tujuannya untuk mengantisipasi adanya pengemudi yang menggunakan narkoba. Apalagi kalau mengkonsumsi narkoba itu berbahaya karena bisa mengaburkan pandangan," ungkap Sunaryo.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id