Disdukcapil Kota Yogyakarta Terbitkan 80 KTP untuk WNA

    Patricia Vicka - 05 Maret 2019 17:16 WIB
    Disdukcapil Kota Yogyakarta Terbitkan 80 KTP untuk WNA
    Ilustrasi KTP. MI/Arya Manggala (Octavianus Dwi Sutrisno)
    Yogyakarta: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Yogyakarta telah menerbitkan 80 Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik untuk Warga Negara Asing (WNA). KTP elektronik tersebut diterbitkan sejak tahun 2015 hingga sekarang.

    Kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta Sisruwadi mengatakan, sebagian besar WNI telah tinggal lebih dari lima tahun di Kota Yogyakarta. Mereka berasal di antaranya dari benua Eropa, Australia, Amerika, RRC, dan Taiwan. Beberapa WNA masih menempuh pendidikan dan ada juga yang sudah bekerja.

    "Mereka berprofesi sebagai mahasiswa ada juga pengajar seperti dosen," ujar Sisruwadi kepada Medcom.id di Yogyakarta, Selasa, 5 Maret 2019.

    Sisruwadi menjelaskan bentuk KTP-el WNA dengan Warga Negara Indosesia (WNI) tak berbeda jauh. Hanya saja KTP-el WNA menggunakan bahasa Inggris. Sementara KTP-el WNI menggunakan bahasa Indonesia.

    "Dicatat juga negara asal mereka. Dan tahun berlaku KTP-El. Tahun berlakunya mengikuti masa izin tinggal," ujar Sisruwadi.

    Sisruwadi kembali mengatakan, syarat pembuatan KTP-el bagi WNA adalah mendatangi Disdukcapil setempat sambil membawa paspor, kartu izin tinggal tetap (KITAP), surat dari sponsor tinggal dan kartu keluarga. Kemudian petugas Dukcapil akan melakukan perekaman biometrik dan foto. Kemudian petugas akan memasukkan data ke sistem kependudukan.

    "Kalau sistem tidak eror, KTP-El bisa diambil sehari kemudian," beber Sisruwadi.

    Sisruwadi menegaskan, walau memiliki KTP-el, para WNA ini tidak memiliki hak suara dalam pemilu mendatang. Disdukcapil sudah berkordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar lebih cermat dan berhati-hati saat mendata daftar pemilihan tetap (DPT).



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id