Harga Bawang Putih di Yogyakarta Turun - Medcom

    Harga Bawang Putih di Yogyakarta Turun

    Patricia Vicka - 07 Mei 2019 17:35 WIB
    Harga Bawang Putih di Yogyakarta Turun
    Sutinah, Pedagang bawang di Pasar Beringharjo. Medcom.id/Patricia Vicka
    Yogyakarta: Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional berangsur menurun. Harga bawang putih yang sebelumnya mencapai Rp70 ribu turun menjadi Rp45ribu-Rp55 ribu per kilogram.

    "Hari Minggu (5 Mei) harga bawang putih masih Rp70ribu sekilo. Jenis Katting. Tapi Senin turun jadi Rp 55ribu per kilo,"ujar Sutinah, salah seorang pedagang sayuran di Pasar Beringharjo, pada Medcom.id di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Selasa 7 Mei 2019.

    Penurunan terjadi akibat operasi pasar bawang putih Dinas Perindustrian dan Perdagang (Disperindag) DIY di Pasar Beringharjo. Sutinah menjelaskan Diperindag menjual bawang putih kepada pedagang seharga Rp36 ribu per kilogram.

    "Habis digelar operasi pasar langsung turun harganya,"kata dia.

    Siti, pedagang bawang Pasar Colombo, Ngaglik, Sleman, mengatakan harga bawang putih jenis Sinco saat ini dijual Rp46 ribu hingga Rp48 ribu per kilogram. Harga bawang putih Sinco sebelumnya dijual di atas Rp50ribu perkilogram.

    Siti menyebut harga bawang putih naik pekan lalu karena pasokan di pasar berkurang drastis. "Naik harganya mulai awal minggu lalu. Memang susah dicari (bawang) Tapi awal minggu ini sudah turun lagi harganya,"kata wanita berhijab kuning ini.

    Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto memb pekan ini pihaknya menggelar operasi pasar di sejumlah pasar tradisional. Hari pertama operasi pasar dilakukan di Pasar Beringharjo pada Senin, 6 Mei.

    "Kami adakan operasi pasar untuk menekan harga pasaran yang naik,"kata dia.

    Disperindag menggelontorkan tujuh ton bawang putih dalam OP di Pasar Beringharjo. Untuk pedagang, bawang di jual sekitar Rp35 ribu per kilogram. Sementara untuk masyarakat dijual Rp40 ribu per kilogram.

    Selain bawang harga bahan pokok yang naik adalah cabai. Harga cabai merah keriting dari Rp 19.000 naik menjadi Rp22 ribu per kilogram, cabai rawit hijau dari Rp16 ribu per kilogram menjadi Rp17 ribu per kilogram.

    "Cabai merah besar dari Rp 30.000 menjadi Rp 31.000/kg dan cabai rawit merah dari Rp 23.000 menjadi Rp 25.000/kg," tutur Apriyanto.

    Sementara bahan pangan utama yang turun di antaranya bawang merah dari Rp27 ribu menjadi Rp26 ribu per kilogram dan telur ayam turun dari Rp24 ribu menjadi Rp23 ribu per kilogram.


     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id