Ribuan Pengukir di Jepara Belum Disertifikasi Profesi

    Rhobi Shani - 28 Juni 2019 14:38 WIB
    Ribuan Pengukir di Jepara Belum Disertifikasi Profesi
    Salah satu engukir Jepara tengah bekerja. Medcom.id/Rhobi Shani
    Jepara: Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tersohor dengan industri seni ukirnya yang disokong ribuan pengukir. Namun, jumlah pengukir yang sudah mengantongo sertifikat profesi hanya berjumlah ratusan.

    Pengukir Jepara Sutarya menyampaikan, belum ada data pasti jumlah pengukir di Jepara. Kurang lebih baru 500 dari 7.000 pengukir yang sertifikat profesi. Hal ini sangat mengkhawatirkan bagi masa depan pengukir.

    “Sertifikasi profesi ini penting bagi pengukir. Sebab di era industri seperti sekarang memang dibutuhkan. Jumlah pengukir di Jepara masih sedikit yang sudah mengikuti uji kompetensi,” ujar Sutarya yang juga Asesor Ukir Jepara, Jumat, 28 Juni 2019.

    Sertifikat profesi dapat meningkatkan nilai hasil karyanya. Penghargaan terhadap pengukir bersertifikat dan tidak nantinya akan berbeda.

    Selain meningkatkan daya saing dan kompetensi pengukir, sertifikat kompetensi yang berlaku selama lima tahun ini juga menjadi data yang sangat berguna.

    Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) baru tiga kali menyelenggarakan sertifikasi profesi pengukir. Pertama pada 2018 di Bali. Kedua, pada triwulan pertama tahun 2019 di Bali.

    Sertifikasi yang dilaksanakan selama dua hari di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kali ini merupakan yang ke tiga.

    Uji kompetensi kali ini bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Furnitur dan Kayu Olahan (Furniko) yang didukung Yayasan Dharma Bakti Lestari.

    Direktur Harmonisasi Regulasi dan Standarisasi Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf), Sabartua Tampubolon menyampaikan, uji kompetensi ini dimaksudkan untuk menyiapkan tenaga ahli dalam bidang ukir kayu bersiang secara global.

    "Kami pilih Jepara karena menjadi salah satu kiblat untuk kriya ukir di Indonesia. Kedepannya, sertifikasi adalah sebuah keharusan bagi segala profesi,” kata Sabartua.  



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id