20 Warga Negara Tiongkok di Bogor Dideportasi

    Mulvi Muhammad Noor - 13 Juli 2016 21:18 WIB
    20 Warga Negara Tiongkok di Bogor Dideportasi
    Sebanyak 31 WNA Ilegal asal Tiongkok yang ditangkap di Bogor, Jawa Barat (Foto: MTVN/Mulvi)



    medcom.id, Bogor: Imigrasi Kelas II Bogor, Jawa Barat, mendeportasi 20 dari 31 warga negara Tiongkok yang ditangkap di sebuah rumah mewah di Kota Bogor beberapa waktu lalu. Sebanyak 11 orang lainnya akan diproses ke pengadilan. 
     
    Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Bogor Herman Lukman mengatakan, 20 warga negara Tiongkok itu terdiri dari 7 perempuan dan 13 laki-laki. Mereka dideportasi ke negara asal pada 7 Juli lalu. 
     
    "Mereka sudah diberangkatkan pada Lebaran kedua (7 Juli) pagi," kata Herman Lukman di kantornya, Rabu (13/7/2016). 
     
    Deportasi dilakukan atas beberapa pertimbangan. Puluhan warga Tiongkok itu dinilai sebagai korban dan baru satu kali terlibat penyalahgunaan izin tinggal. 
     
    Sementara, 11 orang lainnya masih dititipkan di Rumah Detensi Imigrasi, Kalideres, Jakarta Barat. Kasus mereka akan dibawa ke pengadilan. 
     
    "Mereka merupakan pelaku utama dan sudah terlibat kasus serupa berulang-ulang," kata dia.
     
    Kantor Imigrasi Bogor menargetkan berkas perkara 11 warga Tiongkok itu segera rampung dan dapat diserahkan ke kejaksaan secepatnya. Tersangka dijerat Pasal 116 dan 112 Undang Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Ancaman hukuman paling lama lima tahun penjara dan dengan paling banyak Rp500 juta. 
     
    Sebanyak 31 warga Tiongkok ditangkap di sebuah rumah mewah di Jalan Kingkilaban, Komplek Villa Duta, Kelurahan Baranangsiang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin 6 Juni lalu. Mereka diduga terlibat jaringan penipuan internasional. 
     
    Petugas menemukan sejumlah barang bukti yang mengarah pada dugaan tersebut. Diantaranya 45 pesawat telepon, 34 telepon seluler, 4 unit Handy Talky. Selain itu, 17 dompet, 2 unit laptop, 17 modem, dan 20 unit voice over internet protocol (VoIP), 1 unit Toyota Fortuner hitam, dan 1 unit motor Kawasaki Ninja.


    (TTD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id