Terasering di Majalengka Rusak Diinjak-injak Pengunjung

    Ahmad Rofahan - 10 Mei 2016 15:45 WIB
    Terasering di Majalengka Rusak Diinjak-injak Pengunjung
    Ladang bawang merah milik petani rusak diinjak-injak pengunjung. (Dokumentasi/Okka)
    medcom.id, Cirebon: Keindahan terasering Puncak Panyaweuyan di Desa Sukasari Kaler, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, rusak oleh sejumlah pengunjung yang ingin selfie.

    Kerusakan terasering yang sebelumnya tampak hijau itu dipublikasikan Okka Supardan melalui akun Facebooknya. Tampak dalam foto, tanaman bawang merah milik petani rusak diinjak-injak pengunjung hanya untuk berfoto.

    “Sangat disayangkan. Seharusnya bisa saling menjaga. Jangan sampai merugikan petani dan keindahan di terasering ini,” ujar Okka Supardan, saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (10/05/2016).

    Menurutnya, selain kerusakan akibat terinjak-injak pengunjung, beberapa batu besar di Lembah Cibuluh juga jadi korban aksi vandalisme wisatawan.

    “Kami khawatir kerusakan akan lebih parah. Jadi, kami sudah buatkan papan peringatan, agar pengunjung tidak merusak tanaman yang ada,” kata Okka.

    Eda Swardaya, anggota komunitas fotografi di Majelangka juga mengungkapkan hal serpa. Eda menyebut ada tiga titik kerusakan terasering Panyaweuyan.

    “Jadi sebenarnya ada jalan menuju ke puncak yang sudah disiapkan. Tapi pengunjung malah merembet naik dari lahan bawang merah milik warga,” ujar Eda.

    Puncak terasering Panyaweuyan Majalengka, saat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit. Mayoritas pengunjung mengatakan terasering di Majalengka punya kelebihan dibandingkan dengan terasering di dalam maupun luar negeri. Saat ini, sejumlah wisatwan domestik maupun mancanegara sudah banyak berwisata ke Puncak terasering Panyaweuyan.

    “Katanya sih, kalau di sini (Majalengka), teraseringnya lebih luas, kecuraman dan ketinggiannya juga melebihi tempat yang lain. Selain itu, udaranya juga sangat sejuk,” kata Okka Supardan. 

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id