comscore

30 Ribu Buruh Bekasi Akan Gelar Aksi di Jakarta

Antonio - 30 April 2019 14:30 WIB
30 Ribu Buruh Bekasi Akan Gelar Aksi di Jakarta
Ilustrasi Aksi buruh di Cirebon, Selasa 1 Mei 2018, Medcom.id - Rofahan (Ahmad Rofahan)
Bekasi: Sekitar 30 ribu buruh yang berasal dari Kabupaten Bekasi akan bergerak melakukan unjuk rasa dalam perayaan Hari Buruh atau May Day di Jakarta, Rabu, 1 Mei 2019. Wakil Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Obon Tabroni mengatakan, para buruh akan berangkat dari masing-masing pabrik dan Kemudian menuju Jakarta.

"Mereka akan melakukan aksi unjuk rasa di beberapa titik di Jakarta. Seperti, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Tugu Tani dan Istana Presiden. Selanjutnya, akan berkumpul di Istora Senayan bersama buruh yang berasal dari daerah lainnya," kata Obon saat dikonfirmasi, Selasa, 30 April 2019.
Obon menjelaskan, terdapat sejumlah isu yang menjadi tuntutan para buruh pada May Day tahun ini. Yakni, penghapusan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan, Tenaga Kerja Asing (TKA), Pemagangan dan mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Perihal pengupahan, kata Obon, wacana revisi PP 78 sudah kerap dijanjikan selama beberapa tahun kebelakang. Namun, tak juga dilakukan. Obon berharap agar tahun ini PP tersebut dapat direvisi.

"Seharusnya Presiden bikin kado ulang tahun May Day itu dengan revisi PP 78, kan selesai urusan upah," jelas Obon.

Lebih lanjut, Obon berpesan agar buruh di Kabupaten Bekasi ikut berjuang bersama dalam peringatan Hari Buruh 2019. "May Day itu hari buruh, bukannya hari seremonial. Tetap kompak, jaga keamanan, jangan terprovokasi," pungkas Obon.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id