• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 23 OKT 2018 - RP 47.877.961.729

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Warga Cicendo Bandung Serbu Pembagian Air Bersih

Roni Kurniawan - 11 Oktober 2018 18:49 wib
Warga menyerbu pembagian air bersih yakni di Jalan Industri
Warga menyerbu pembagian air bersih yakni di Jalan Industri Dalam RW 08/07 Kelurahan Arjuna Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Medcom.id/ Roni Kurniawan.

Bandung: Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung menyalurkan air bersih di wilayah Kota Bandung, Jawa Barat. Penyaluran dilakukan sebagai upaya pemenuhan air bersih terhadap sebagian warga Kota Bandung yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Salah satu tempat pembagian air bersih yakni di Jalan Industri Dalam RW 08/07 Kelurahan Arjuna Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Pembagian air bersih tersebut langsung diserbu warga.

Menurut Komala, warga setempat, ia sudah tidak mendapat pasokan air bersih dari PDAM selama empat bulan terakhir. Bahkan ia harus membeli air bersih setiap hari sebanyak tiga jerigen ukuran 20 liter untuk memenuhi kebutuhan.

"Sudah ada sekitar empat bulan air ledeng (PDAM) enggak ada. Selama ini ya beli Rp3 ribu perjerigen," ujar Komala disela-sela pembagian air bersih, Kamis, 11 Oktober 2018.

Komala mengaku sangat terbantu dengan adanya pembagian air bersih di dekat rumahnya. Ia bergegas membawa beberapa ember besar untuk meminta bagian air bersih.

Hal sedana pun diungkapkan Jajang, pria paruh baya yang juga sulit  mendapatkan air bersih. Jajang sempat harus mengeluarkan uang sebesar Rp10 ribu hingga Rp20 ribu untuk membeli air bersih setiap hari selama pasokan dari PDAM tidak ada.

"Ya kepaksa beli air, karena ledeng enggak ada. Itu (air) buat mandi, masak, nyuci. Susah memang kalau enggak ada air," keluh Jajang.

Sementara itu Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi mengatakan, tampungan air di Situ Cipanunjang ini bisa memberikan cadangan jutaan meter kubik.

Situ ini bisa memiliki kedalam air setinggi lebih dari 22 meter. Namun musim kemarau beberapa bulan ke belakang membuat air situ terus surut.

"Jadi artinya sudah semakin kritis air baku kita. Sulit memprediksi ketersediaan," ujar Sonny.

Sonny menyebutkan sampai dengan hari ini muka air Situ Cipanunjang sudah turun sebanyak 21,3 meter. Setiap harinya cadangan air mengalami penurunan sebesar 24,8 sentimeter.


(DEN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.