Cara Bandung Tingkakan Gizi Anak Sekolah

    Roni Kurniawan - 02 April 2019 14:46 WIB
    Cara Bandung Tingkakan Gizi Anak Sekolah
    Ilustrasi komposisi makanan untuk Bekal Anak Sekolah Bergizi Enak dan Murah atau disebut Beas Beureum. Medcom.id/ Roni Kurniawan.
    Bandung: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggulirkan program Bekal Anak Sekolah Bergizi Enak dan Murah atau disebut Beas Beureum. Program Beas Beureum menjadi strategi Kota Bandung untuk meningkatkan kualitas gizi anak.

    Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rita Verita, program Beas Beureum ini akan menyasar siswa Sekolah Dasar (SD). Sebab, ‎beberapa sekolah di Kota Bandung sudah menerapkan aturan agar siswa membawa bekal sendiri dari rumah.

    ‎"Namun ternyata bekal yang dibawa belum sesuai dengan gizi seimbang. Banyak bekal makanan instan dan atau goreng-gorengan dan tidak dilengkapi sayur dan buah," kata Rita usai peresmian program Beas Beureum di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Selasa 4 April 2019.

    Rita menuturkan, lewat program Beas Beureum ini, pihaknya akan memberikan pemahaman kepada para orang tua dan siswa tentang bekal yang memenuhi kecukupan gizi.

    Harusnya, dari satu paket bekal yang dibawa, sepertiganya berisi nasi atau karbohidrat utama. Kemudian, sepertiga bekal berisi berbahan dasar sayur, lalu seperenamnya bisa dibubuhi lauk serta seperenam sisanya yaitu buah-buahan.

    ‎"Mudah-mudahan dengan Beas Beureum ini seluruh masyarakat yang memiliki anak SD bisa memperbaiki gizi bekal anaknya. Jika gizi kurang baik akan berpengaruh saat remaja," ungkapnya.

    Diakui Rita, penerapan program Beas Beureum juga sebagai upaya menekan angka stunting. Dengan adanya perbaikan gizi sejak dini, stunting di Kota Bandung diharapkan bisa menurun.

    "Kita berkomitmen tinggi mencegah stunting. Karena angka stunting di Kota Bandung masih 25,8 persen. Jadi kalau jumlah balita kurang lebih ada 200 ribu maka ‎ada sekitar 51 ribu yang terkena stunting," pungkas Rita.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id