Banjir Bandang di Lebak Rusak 24 Rumah

    Antara - 24 Mei 2019 08:16 WIB
    Banjir Bandang di Lebak Rusak 24 Rumah
    Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
    Lebak: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, mencatat 59 rumah diterjang banjir bandang. Sebanyak 20 unit rumah rusak berat, empat rusak ringan dan 35 lainnya terendam banjir.

    "Beruntung, bencana itu tidak menimbulkan korban jiwa," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Kamis, 23 Mei 2019.

    Banjir bandang terjadi Rabu malam, 22 Mei 2019. Hujan deras mengakibatkan daerah aliran sungai (DAS) Cilaki, Cibeurih dan Ciberang meluap.

    Hujan deras berlangsung sekitar 3 jam mulai pukul 16.00 WIB sampai 19.00 WIB mengakibatkan empat kecamatan terendam banjir. Selain merusak puluhan rumah, dua jembatan rusak berat dan tidak bisa dilintasi masyarakat setempat.

    Kemungkinan banjir bandang itu akibat kerusakan ekosistem alam, sehingga perlu dilakukan pelestarian dengan melakukan reboisasi penghijauan. "Kami berharap ke depan bisa dilakukan gerakan penghijauan guna melestarikan alam itu," katanya.

    Ia mengatakan, BPBD telah menyalurkan bahan pokok kepada warga yang terdampak banjir bandang agar tidak mengalami kerawanan pangan.

    Selain itu juga BPBD mendirikan tenda pengungsian dan dapur umum. "Kami berharap warga bersabar dan pemerintah daerah akan mengalokasikan bantuan perbaikan rumah," katanya.

     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id