281 WNA di Bandung Memiliki e-KTP

    Roni Kurniawan - 28 Februari 2019 17:19 WIB
    281 WNA di Bandung Memiliki e-KTP
    Ilustrasi KTP-el/Medcom.id
    Bandung: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung mencatat ada 281 warga negara asing (WNA) yang telah memiliki kartu identitas penduduk elektronik (e-KTP). WNA tersebut mayoritas telah tinggal di Kota Bandung selama lima tahun mulai dari menempuh pendidikan hingga bekerja.

    Kadisdukcapil Kota Bandung, Popong W. Nuraeni mengatakan, WNA yang telah memiliki e-KTP tersebut telah sesuai dengan Pasal 63 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan wajib membuat KTP Elektronik.

    "Di Bandung ada 252 kepala keluarga, KTP-nya 281 orang dan itu dilakukan sesuai dengan prosedur. Jadi bagi WNA yang sudah tinggal di kota selama lima tahun, maka wajib memiliki keterangan izin menetap dari Imigrasi. Kalau sudah memegang itu, mereka baru boleh mengajukan pembuatan identitas (KTP)," kata Popong di Taman Sejarah Bandung, Jalan Aceh, Kamis, 28 Februari 2019.

    Menurut Popong, mayoritas WNA yang telah memiliki e-KTP memiliki pekerjaan di Bandung lebih dari lima tahun. Bahkan mereka telah memiliki keluarga karena menikah dengan WNI.

    Namun e-KTP tersebut tidak berlaku seumur hidup yang dimiliki WNA saat ini. Identitas tersebut hanya berlaku sesuai dengan izin tinggal sementara di Indonesia khususnya Bandung.

    "Masa berlakukanya tidak seumur hidup, tapi sesuai dengan izin tinggal yang dikeluarkan oleh Imigrasi. Mungkin dia ada kerja di sini bertahun-tahun lamanya, lalu ada yang menikah juga tapi belum berpindah kewarganegaraan," beber Popong.

    Sementara itu, Popong mengaku akan menyisir ke beberapa rumah sewa atau indekos guna memastikan data WNA yang tinggal di Bandung. Terlebih Bandung terdapat banyak universitas yang kerap menjadi magnet bagi WNA untuk meneruskan pendidikan.

    "Kita tentu lakukan pendataan ke lapangan, karena tidak mungkin juga ada WNA yang belum memiliki syarat kependudukan di Bandung," pungkas Popong.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id