MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Mengaku Pengusaha Sukses, Pelaku Gasak Uang Nasabah Rp70 Juta

    P Aditya Prakasa - 02 April 2019 14:24 WIB
    Mengaku Pengusaha Sukses, Pelaku Gasak Uang Nasabah Rp70 Juta
    Komplotan spesialis penipuan terhadap nasabah ATM di Kota Bandung ditangkap dibekuk polisi. Medcom.id
    Bandung: Komplotan pelaku spesialis penipuan terhadap nasabah ATM di Kota Bandung ditangkap polisi. Komplotan itu berhasil menggasak uang puluhan juta para korban pengguna ATM.

    Kepala Polsek Bandung Wetan Kompol Budi R mengatakan, komplotan yang berhasil ditangkap berjumlah empat orang. Mereka berinisial DM, MS, AR, serta AD, yang merupakan warga Sulawesi dan kerap melakukan aksinya di Kota Bandung.
    "Pengakuan mereka sudah empat kali melakukan aksi penipuan. Dari hasil pendalaman, mereka melakukan aksinya di wilayah Sumur Bandung sebanyak dua kali dan di wilayah kami Bandung Wetan sebanyak dua kali," kata Budi di Markas Polsek Bandung Wetan, Selasa 2 April 2019.

    Modus yang digunakan para pelaku, kata Budi, salah satu pelaku berinisial DM mengaku sebagai pengusaha sukses dari Kalimantan yang tengah mengikuti seminar di Kota Bandung. Hal itu untuk meyakinkan korban agar bisa mengantar korban ke mesin ATM.

    Budi mengatakan, target para pelaku adalah korban yang menginap di hotel-hotel di Kota Bandung. Salah satu pelaku lainnya berinsial MS mengaku sebagai warga negara Brunei Darussalam yang tersesat dan hendak menjual ratusan ponsel di Bandung.

    "Jadi pelaku yang mengaku pengusaha ceritanya akan membeli ratusan ponsel dari pelaku yang mengaku warga Brunei itu. Korban yang menyaksikan transaksi itu diimingi-imingi persenan 15 persen dari hasil transaksi itu," kata Budi.

    Mengaku Pengusaha Sukses, Pelaku Gasak Uang Nasabah Rp70 Juta

    Pelaku DM dan MS kemudian mengajak korban ke ATM terdekat menggunakan mobil. Pelaku kemudian meminta korban untuk memastikan bahwa ATM miliknya aktif.

    "Saat korban menggunakan mesin ATM dan memasukan nomor PIN, pelaku kemudian melihat nomor PIN korban. Setelah kembali ke mobil, dengan kecepatan tangan pelaku, kartu ATM milik korban ditukar dengan kartu ATM yang lain. Setelah korban diturunkan dari mobil, pelaku langsung kembali ke ATM lalu memindahkan uang korban ke rekening milik pelaku," kata Budi.

    Jejak pelaku hilang begitu saja, setelah korban sadar dirinya telah menjadi korban penipuan. Korban melaporkan apa yang menimpanya kepada pihak kepolisian. 

    "Setiap aksinya pelaku menggasak puluhan juta. Korban terakhirnya saja digasak isi ATM-nya hingga 70 juta," kata Budi.

    Setelah menerima laporan dari korban, polisi langsung memburu pelaku setelah mengambil keterangan saksi dan video CCTV. Para pelaku ditangkap di Kota Bogor belum lama ini dan polisi berhasil menemukan puluhan kartu ATM, beberapa ponsel, serta satu mobil yang digunakan untuk beraksi.

    Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku kini mendekam dibalik jeruji besi ruang tahanan Mapolsek Bandung Wetan. Polisi terapkan pasal 378 KUHPidana dengan ancaman pidana diatas lima tahun penjara.




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id