Bandung Antisipasi Pengemis Musiman saat Ramadan

    Roni Kurniawan - 02 Mei 2019 16:52 WIB
    Bandung Antisipasi Pengemis Musiman saat Ramadan
    Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung, Tono Sumartono. Medcom.id/Roni Kurniawan
    Bandung: Pemerintah Kota Bandung mulai memetakan beberapa titik yang kerap menjadi berkumpulnya pengemis menjelang bulan suci Ramadan. Sebanyak 30 titik di Kota Bandung mendapat pengawasan khusus pada saat Ramadan nanti.

    Menurut Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung, Tono Sumartono, kerap muncul pengemis musiman di titik keramaian, seperti Alun Alun Bandung serta Jalan Riau yang terdapat toko factory outlet, setiap menjelang ramadan.

    "Kita akan terus menyisir ke titik-titik yang biasa berkumpulnya atau datangnya para PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) ke Kota Bandung. Karena itu hampir setiap tahun terjadi," ujar Tono dalam program Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis 2 Mei 2019.

    Stasiun Kiaracondong menjadi titik datang pengemis musiman tersebut yang datang dari berbagai daerah, di antaranya Jawa Tengan dan Jawa Timur. Hal itu berkaca pada tahun sebelumnya mendapati puluhan orang datang dari luar Jawa Barat untuk mengais rejeki dan cara mengemis.

    "Tahun kemarin kita memergoki ada 30 orang turun dari kereta api di Stasiun Kiaracondong, mereka tidak punya tujuan ke Bandung, lalu kita pulangkan lagi mereka ke daerah asal di Jawa," tuturnya.

    Pihaknya akan mulai intensif memantau beberapa titik. Terutama stasiun kereta api dan terminal yang biasa menjadi pintu kedatangan para pengemis musiman.

    "Sebetulnya dari sekarang juga kita sudah melakukan penjangkuan di sejumlah titik. Tapi akhir pekan ini kita akan lebih aktif bekerja sama dengan Satpol PP dan Dinas Kependudukan," pungkas Tono.





     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id