Kemendag Distribusi Bawang Putih Murah untuk Pedagang Bandung - Medcom

    Kemendag Distribusi Bawang Putih Murah untuk Pedagang Bandung

    Roni Kurniawan - 10 Mei 2019 11:18 WIB
    Kemendag Distribusi Bawang Putih Murah untuk Pedagang Bandung
    Pedagang di Pasar Kosambi Bandung membeli bawang putih seharga Rp25 ribu perkilogram dalam operasi pasar murah oleh Kementerian Perdagangan, Jumat 10 Mei 2019. Medcom.id/kembali Roni Kurniawan
    Bandung: Kementerian Perdagangan menggelar operasi pasar bawang putih di Pasar Kosambi dan Pasar Baru, Kota Bandung, Jumat 10 Mei 2019. Harga bawang putih dijual Rp25 ribu per kilogram dalam operasi pasar tersebut.

    Operasi pasar bawang putih tersebut dimulai sejak pukul 08.00 WIB di Pasar Kosambi, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung. Pedagang bawang di pasar pun langsung menyerbu guna mendapat bawang putih seharga Rp25 ribu per kilogram.

    Sebanyak delapan ton bawang putih disediakan Kemendag dalam operasi pasar yang berlansung selama satu hari baik di Pasar Kosambi dan Pasar Baru Bandung. Jumlah bawang putih yang disalurkan menyasar pedagang agar bisa dijual pedagang jauh di bawah harga pasar.

    "Sehingga diharapkan sampai ke konsumen maksimal dengan harga Rp 30 ribu per kilogram," ujar Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappeti), Indrasari Wisnu Wardhana, di Pasar Kosambi Bandung.

    Pihaknya sengaja menjual bawang putih ke pedagang agar harga bawang putih di pasar kembali stabil setelah menembus angka Rp80 ribu per kilogram. Jumlah bawang yang dibeli pedagang tidak dibatasi dalam operasi pasar tersebut.

    "Sekarang pedagang enggak dibatas mau beli berapa banyak, karena nanti juga dari dinas di sini akan memantau lagi harga bawang putih yang dijual ke konsumen. Pokoknya maksimal dijual dengan harga Rp30 ribu perkilogram," ungkapnya.

    Operasi pasar tersebut diakui Wisnu akan dilakukan jika harga kembali naik. Namun, lanjut Wisnu, saat ini harga bawang putih sudah relatif turun di beberapa daerah.

    "Jadi berapapun permintaan pasar kalau harganya masih tinggi kita gelontorkan terus," tegasnya.
     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id